3 Fungsi Utama Ginjal yang Membuat Anda Tetap Sehat

fungsi-utama-ginjal
Masih banyak orang menganggap remeh fungsi ginjal pada tubuh. Padahal fungsi ginjal sangat penting, sangat banyak, kompleks, dan saling mempengaruhi dan berhubungan dengan organ-organ tubuh lainnya.

Saat ini banyak sekali orang yang menderita sakit karena terjadi gangguan pada fungsi ginjal mereka. Hal ini dikarenakan kurang memahami fungsi utama ginjal dan cara mendeteksi secara dini gagal ginjal (Baca : 6 Cara Kurangi Resiko Penyakit Ginjal). Untuk mengetahui seberapa penting fungsi ginjal bagi tubuh, ada baiknya Anda tahu mengenai apa saja fungsi ginjal pada tubuh manusia. Dengan demikian Anda bisa mulai mengurangi berbagai macam hal yang bisa menyebabkan kerusakan pada ginjal.

Secara garis besar, terdapat 3 fungsi utama ginjal yang membuat Anda tetap sehat yaitu:

1. Berfungsi sebagai pengaturan lingkungan dalam tubuh (internal environment). Fungsi ini merupakan fungsi ginjal untuk mempertahankan keadaan lingkungan dalam tubuh agar kondisinya selalu stabil atau extracellular homeostasis. Beberapa fungsi tersebut, yaitu :

  • ginjal berfungsi dalam pengaturan keseimbangan jumlah ion/elektrolit dalam cairan tubuh (extracellular fluid) misalnya : Natrium, Kalium,
  • mengatur keseimbangan volume cairan dengan cara mengatur masuk-keluarnya (input dan output) cairan dalam tubuh
  • menjaga keseimbangan asam-basa (pH) darah dan lain sebagainya.

2. Fungsi ginjal untuk membuang kelebihan air dan produk akhir dari hasil metabolisme protein seperti: ureum, kalium, fosfat, sulfat anorganik dan asam urat.

3. Fungsi endokrin yaitu fungsi ginjal sebagai organ pembentuk (sekresi) berbagai substansi dan hormon diantaranya:

  • hormon erythropoietin yaitu suatu hormon yang mengatur pembentukan sel darah merah);
  • hormon renin yaitu suatu hormon yang menjadi bagian dari Sistem Renin Angiotensin Aldosteron atau Renin Angiotensi Aldosterone System (RAAS) yang mengatur tekanan darah dan keseimbangan cairan
  • hormon kalsitriol atau bentuk aktif  Vitamin D yang mengatur penyerapan kalsium dari makanan untuk pembentukan tulang dan metabolisme tubuh lainnya;
  • hormon prostaglandin yaitu suatu hormon yang mempunyai banyak peran antara lain untuk: pengaturan pengerutan dan pelebaran pembuluh darah, pembekuan darah, pengaturan pergerakan kalsium, pengaturan pertumbuhan sel, pengaturan rasa sakit, menurunkan tekanan bola mata.

Penyakit ginjal sama seperti penyakit kanker serviks sering dikenal juga sebagai silent killer karena kebanyakan orang tidak memiliki gejala sebelum mereka terdiagnosis. Mungkin Anda merasa sehat-sehat saja namun fungsi utama ginjal Anda sebenarnya terganggu. Maka jangan menunggu sampai penyakit ginjal ini menyerang, rawatlah ginjal Anda, lakukan tes untuk deteksi gagal ginjal, dan lakukan gaya hidup sehat mulai dari sekarang. Semoga artikel 3 fungsi utama ginjal yang membuat Anda tetap sehat bermanfaat bagi Anda.

Tag : Info Sehat
0 Komentar untuk "3 Fungsi Utama Ginjal yang Membuat Anda Tetap Sehat"

Back To Top