12 Tips Mudah untuk Mencegah Penyakit Jantung

tips-mencegah-penyakit-jantung
Penyakit jantung merupakan penyakit penyebab kematian terbanyak di Indonesia. Meskipun penyakit ini sangat menakutkan namun Anda tak perlu khawatir. Sebenarnya sebagian besar penyakit jantung dapat dicegah dengan melakukan gaya hidup sehat.

Melakukan gaya hidup sehat tidak harus dilakukan secara drastis, pencegahan penyakit jantung dimulai dengan langkah sederhana dan mudah. Berikut ini 12 tips mudah untuk mencegah penyakit jantung yang sebaiknya Anda coba :

1. Lakukan jalan cepat saat istirahat siang
Studi menunjukkan 30 menit melakukan aktivitas intensitas sedang, termasuk jalan cepat, setiap hari dalam seminggu dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Jika anda tidak mempunya waktu luang dikarenakan bekerja, manfaatkan sebagian dari waktu istirahat makan siang Anda untuk berjalan-jalan cepat setiap hari.

2. Tidur yang cukup.
Menurut penelitian, orang yang mengalami kekurangan tidur 1-2 jam setiap hari atau tidur tidak teratur akan meningkatkan denyut jantung, tekanan darah, dan peradangan dalam tubuh serta meningkatkan nafsu makan sehingga berisiko obesitas dan penyakit jantung. Oleh karena itu agar terhindar dari penyakit jantung usahakan tidur yang cukup, bagi orang dewasa membutuhkan waktu tidur 7 jam hingga 9 jam setiap hari (Baca : Kebutuhan Tidur yang Sehat sesuai Usia).

3. Meregangkan tubuh
Peregangan merupakan cara mudah untuk mencegah penyakit jantung. Peregangan dapat membantu arteri Anda menjadi lebih fleksibel dan mengurangi risiko penyakit jantung. Coba peregangan selama jeda komersial dari acara televisi favorit Anda, saat bekerja di depan komputer, atau saat luang yang memungkinkan Anda melakukannya (Baca : Agar Tak Mati Muda karena Kebanyakan Duduk di Kantor). Melakukan peregangan sebelum melakukan aktivitas fisik sangat baik untuk mengendurkan otot-otot dan mengurangi risiko cedera.

4. Lebih banyak minum air putih 
Minuman ringan dan minuman tinggi gula lainnya (bahkan berbagai minuman diet) diketahui meningkatkan risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya. Bahkan, sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa pria yang minum satu kaleng minuman manis sehari memiliki risiko 20 persen lebih tinggi terkena serangan jantung dan meninggal akibat serangan jantung dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi minuman manis secara teratur. Lebih banyak minum air putih dari pada minuman manis atau beraroma memberi manfaat besar bagi jantung Anda.

5. Jangan mulai merokok, dan berhenti jika Anda sudah merokok
Hampir 20 persen dari semua kematian terkait penyakit jantung secara langsung terkait dengan merokok. Karena merokok merupakan penyebab utama penyakit jantung, tidak merokok merupakan salah satu cara efektif dan mudah untuk mencegah penyakit jantung. Jika Anda sudah seorang perokok, cobalah untuk berhenti (Baca : 15 Tips Sukses Berhenti Merokok).

6. Konsultasikan dengan dokter mengenai obat yang aman
Aspirin dapat mengurangi risiko serangan jantung untuk pasien berisiko tinggi dan mereka yang telah menderita serangan. Meskipun terapi Aspirin harian dapat membantu untuk menurunkan risiko untuk serangan jantung, hal ini tidak berlaku untuk semua orang. Konsultasikan dengan dokter mengenai apakah mengonsumsi aspirin setiap hari adalah cara yang bermanfaat dan aman untuk mengurangi risiko penyakit jantung untuk Anda.

7. Kurangi stres.
Orang yang mengalami stres tinggi dan depresi tiga kali lebih mungkin untuk menderita serangan jantung. Cari cara mudah untuk mencegah penyakit jantung Anda dengan cara mengurangi tingkat stres. Seperti mengambil kelas yoga, tari, berlatih meditasi, atau berwisata adalah cara yang sehat dan menyenangkan untuk menyegarkan dan meremajakan pikiran Anda.

8. Tambahkan biji rami ke sarapan Anda setiap pagi
Menambahkan 2 sendok makan minyak biji rami untuk sarapan dapat menjaga sel-sel darah merah dari penggumpalan dan membentuk gumpalan darah. Studi menunjukkan bahwa mempertahankan diet tinggi serat dapat mengurangi risiko penyakit jantung sekitar 23 persen untuk perempuan dan 36 persen untuk laki-laki.

9. Makan lebih banyak buah dan sayuran
Salah satu tips mudah untuk mencegah penyakit jantung yaitu lebih banyak mengonsumsi buah-buahan dan sayuran, secara drastis dapat mengurangi risiko serangan jantung. Cari cara-cara kreatif untuk memasukkan lebih banyak makanan sehat ke dalam menu Anda dengan mencoba resep baru atau mengganti cemilan anda dengan buah-buahan dan sayuran

10. Makan cokelat hitam
Dua jurnal ilmiah terkemuka telah menemukan bahwa makan coklat hitam (buka coklat susu atau coklat putih) membantu menurunkan tekanan darah tinggi pada orang dewasa yang memiliki tekanan darah tinggi ringan.

11. Ganti menu masakan Anda dengan bahan rendah lemak
Anda dapat membuat banyak resep favorit Anda lebih sehat dengan menggunakan bahan rendah lemak atau tidak ada bahan lemak. Untuk menghindari kolesterol tinggi hindari makanan yang kaya akan kandungan lemak. Biasanya terdapat pada makanan yang dimasak dengan kaya akan minyak, mentega, margarin, dan santan.

12. Lakukan pemeriksaan kesehatan tahunan 
Dengan pemeriksaan kesehatan (medical chekc up) dilakukan skrining faktor-faktor risiko untuk terkena penyakit sehingga bisa dilakukan tindakan pencegahan sejak dini selain itu bila dilakukan secar rutin dapat melacak perubahan yang terjadi pada jantung Anda. Seseorang memiliki risiko tinggi sakit jantung jika dia menderita kadar kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, diabetes, kegemukan, kurang olahraga dan merokok. Terutama bagi yang telah berumur di atas 45 tahun untuk pria dan di atas 55 tahun untuk wanita.

Pencegahan penyakit jantung bisa dimulai dengan membuat perubahan kecil yang memiliki dampak besar bagi kesehatan Anda. Semoga 12 tips mudah untuk mencegah penyakit jantung bermanfaat bagi Anda. (www.unitypoint.org)

Tag : Tips Sehat
1 Komentar untuk "12 Tips Mudah untuk Mencegah Penyakit Jantung"


wah artikelnya menarik dan bermanfaat sekali. saya akan coba tipsnya..
saya juga punya referensi tentang hal seperti ini di sini
Salam

Back To Top