10 Manfaat Penting Buah Pisang untuk Kesehatan

manfaat-penting-buah-pisang
Pisang merupakan pohon jenis Terna yaitu pohon dengan batang yang lunak dan tidak berkayu dan termasuk Musaceae, yang tingginya mencapai enam meter. Buah ini tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari, yang disebut sisir. Hampir semua buah pisang memiliki kulit yang berwarna kuning ketika matang, meskipun ada beberapa yang berwarna jingga, merah, hijau, ungu, atau bahkan hampir hitam.

Pisang merupakan buah tropis yang banyak ditemukan di seluruh Indonesia. Selain rasanya manis, pisang juga bagus buat kesehatan karena kaya vitamin dan mineral, bisa dimakan langsung atau diolah menjadi berbagai hidangan lezat.

Berikut adalah 10 manfaat penting buah pisang untuk kesehatan yang perlu Anda tahu :

1. Buah pisang bagus untuk pencernaan
Pisang sangat mudah dicerna, 1 buah pisang ukuran sedang diketahui mengandung sekitar 3 gr serat. Fungsi serat bagi tubuh adalah untuk melancarkan proses pencernaan dan dapat membuat anda merasa kenyang lebih lama. Saat Anda sedang menderita penyakit virus atau gangguan pencernaan, pisang sangat cocok sebagai sumber nutrisi tanpa membuat pencernaan bekerja terlalu keras. Pisang yang dilumatkan juga sering dipakai sebagai makanan padat yang diperkenalkan pada bayi.

2. Buah pisang bermanfaat untuk sakit maag
Manfaat penting buah pisang yang lainnya yaitu bisa mengurangi rasa nyeri disaat kita sakit maag. Jika sakit maag menyerang, makanlah buah pisang dan rasa sakit akibat maag akan segera berkurang karena pisang memiliki zat penangkal asam lambung dalam tubuh sehingga dapat meredakan sakit maag.

3. Sebagai makanan pembangkit rasa bahagia
Pisang memiliki kandungan potasium dan vitamin B yang penting untuk energi, pencernaan, dan sistem saraf. Vitamin B juga penting untuk memperbarui sel terutama untuk kulit, rambut, dan kuku. Riset memperlihatkan bahwa kekurangan vitamin B bisa membuat orang mudah stres, gugup, dan depresi

4. Sebagai sumber energi
Tubuh menggunakan karbohidrat sebagai sumber energi utama. Makanlah pisang setelah berolahraga untuk mengembalikan energi. Sebuah pisang setelah sarapan juga direkomendasikan untuk menjaga pasokan energi tetap bertahan sampai waktu makan siang tanpa camilan. Jika kita mengkonsumsi dua buah pisang sehari, maka dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menambah energi dalam melakukan aktivtas ehari-hari

5. Buah pisang dapat mengurangi rasa sakit ketika menstruasi
Sering merasa nyeri saat menstruasi sering dialami banyak wanita. Atasi atas masalah tersebut dengan buah pisang, perbanyaklah mengkonsumsi buah pisang maka rasa nyeri tersebut dapat berkurang. (Baca artikel sebelumnya : Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Menstruasi).

6. Meningkatkan kekebalan tubuh
Manfaat penting buah pisang lainnya yaitu meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Buah pisang kaya akan kandungan Vitamin A, C, dan B6 sehingga tubuh akan terasa segar dan tidak cepat lemas.

7. Pisang dapat mengatasi hipertensi (tekanan darah tinggi)
Kalium yang terkandung dalam buah pisang dapat membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga tekanan darah pun akan stabil. Kandungan serat dalam buah pisang mampu mengikat lemak dapat dan mencegah terbentuknya plak yang dapat menimbulkan naiknya tekanan darah dalam tubuh kita. isang merupakan buah yang bebas lemak dan kolesterol.

8. Mencegah penyakit jantung
Pisang juga dapat mencegah penyakit jantung katena kandungan Vitamin C dan flavonoid pada buah pisang yang bersifat antioksidan dapat mencegah proses oksidasi lemak yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Kalium dalam buah pisang merupakan tonik yang baik bagi jantung. Serat pektinnya ikut berpengaruh dalam membantu menurunkan kolesterol yang tinggi.

9. Bermanfaat untuk menurunkan berat badan
Karbohidrat kompleks yang terkadung dalam pisang tidak akan menaikkan kadar glukosa dengan drastis; selain itu pisang juga rendah lemak sehingga aman untuk peserta program penurunan berat badan. Selain itu manfaat buah pisang dapat memperlancar proses metabolisme sehingga dapat menurunkan berat badan.

10. Baik untuk ibu hamil
Selama kehamilan, para ibu dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang, karena mengandung asam folat tinggi yang penting bagi kesempurnaan janin, pembentukan sel-sel baru dan mencegah terjadinya cacat bawaan. Satu buah pisang matang mengandung sekitar 85-100 kalori. Sehingga dengan memakan dua buah pisang segar, kebutuhan asam folat yang sekitar 58 mikrogram dapat terpenuhi dengan makan buah pisang ini.

Itulah manfaat penting buah pisang bagi kesehatan, semoga memberi semangat anda untuk memulai hidup sehat dari makanan.(Berbagai sumber)

Tag : Dapur Sehat
1 Komentar untuk "10 Manfaat Penting Buah Pisang untuk Kesehatan"

berguna banget nih artikelnya
http://obattipes.xyz/

Back To Top