Tips Agar Terhindar dari Paparan Merkuri Dalam Kosmetik

terhindar-dari-merkuri-kosmetik
Merkuri merupakan salah satu bahan yang memberi dampak buruk bagi kesehatan. Penggunaan atau paparan merkuri terbukti dapat merusak sistem saraf, ginjal serta dapat merusak otak bayi di kandungan atau anak-anak usia balita. Bahkan, efek samping buruk tidak hanya menimpa si pemakai produk bermerkuri, namun juga orang lain. (Baca : Racun Berbahaya di Sekitar Kita )

Merkuri dapat memberi paparan ke tubuh lain melalui uapnya yang terhirup apalagi bila terhirup anak-anak kecil. lebih berbahaya lagi bila kandungan merkuri ini tertelan anak-anak dan balita setelah mereka menyentuh kulit yang mengenakan produk bermerkuri.

Sayangnya, gejala akibat paparan merkuri ini sering kali tidak disadari. Atau bahkan biasanya dokter mendiagnosis terkena penyakit lain yang memiliki gejala sama seperti Parkinson, demensia, sclerosis ganda dan sclerosis leteral. Hal itulah yang sering membuat orang yang keracunan merkuri gagal tertolong.

Banyak produk kecantikan menggunakan bahan yang mengandung merkuri, agar terhindar dari paparan merkuri dalam kosmetik, anda dapat melakukan dengan cara-cara seperti di bawah ini:

1. Biasakan membaca label kandungan kosmetik yang hendak Anda beli. Hindari membeli produk yang mengandung bagan kalomel, mercurio, klorida mercurous atau mercuric.

2. Hindari membeli kosmetik tanpa label atau produk-produk yang tidak jelas. Hal itu menunjukkan bahwa kredibilitas pembuat kosmetik dipertanyakan. Peraturan perlindungan konsumen mengharuskan semua bahan pembuat kosmetik ditulis dalam label.

3. Cucilah tangan hingga bersih setelah menggunakan kosmetik apalagi bila Anda ingin makan setelahnya.

4. Bila Anda hendak membuang produk bermerkuri sebaiknya simpan dalam wadah tertutup agar tidak merembes ke dalam sistem air tanah yang kita konsumsi sehari-hari.

5. Lakukanlah tes merkuri jika diperlukan apalagi bila Anda dulu pernah menggunakan kosmetik berbahan pemutih secara sembarangan. Tes ini bisa dilakukan di laboratorium terdekat. bila kandungan merkuri dalam tubuh Anda cukup tinggi, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter ahli toksikologi atau dokter saraf

Jangan korbankan kesehatan anda dan orang disekitar hanya demi kulit putih yang cantik. Pilihlah produk yang aman bagi kesehatan. Semoga bermanfaat. (www.orinsis.com)
0 Komentar untuk "Tips Agar Terhindar dari Paparan Merkuri Dalam Kosmetik"

Back To Top