Tips Agar Panjang Umur dan Sehat

tips-panjan-umur-dan-sehat
Tidak ada yang tahu sampai berapa umur setiap manusia untuk hidup selain Tuhan. Namun tidak ada salahnya jika kita berusaha agar panjang umur dan hidup lebih lama. Dari beberapa studi menemukan bahwa panjang pendeknya umur seseorang itu juga dipengaruhi oleh manusia itu sendiri.

Lingkungan yang semakin tidak sehat, meningkatnya stress menghadapi kehidupan dan gaya hidup seseorang dalam keseharianya juga sangat berpengaruh terhadap panjang pendeknya umur kita. Saat ini semakin banyak penyakit kronis yang menyerang, tidak peduli tua maupun muda.

Berikut ini beberapa tips agar panjang umur dan sehat yang dapat anda lakukan mulai sekarang.

1. Konsumsi makanan yang sehat dan bervariasi
Usahakan makanan yang kita konsumsi dari bahan yang segar baik sayuran atau buah-buahan.Tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang sangat bervariasi mulai dari karbohidrat, lemak, protein hingga berbagai mineral dan vitamin yang hanya bisa terpenuhi dari asupan berbagai jenis makanan. Coba untuk mengetahui jumlah kalori dan kandungan suatu makanan sehingga kita dapat dengan cermat membatasi asupan kalori dan lemak jenuh yang berbahaya bagi tubuh (Baca : Awali Hidup Sehat dari Makanan).

2. Mempertahankan berat badan normal
Berat badan berlebih maupun berat badan yang kurang juga dapat menjadi sumber masalah kesehatan dan panjang umur seseorang. Berat badan berlebih berkaitan dengan penyakit jantung dan pembuluh darah, ketidakseimbangan hormon, penyakit hati dan lainnya. Sedangkan berat badan kurang sering berkaitan dengan ketidakseimbangan hormon dan juga rendahnya daya tahan tubuh (Baca : 5 Jenis Diet yang Sebaiknya Anda Hindari).

4. Perbanyak gerak tubuh
Agar panjang umur dan sehat, lakukan olahraga secara teratur minimal 30 menit selama 5 hari dalam seminggu untuk menjaga kesehatan tubuh secara umum. Namun, olahraga berlebihan yang terlalu berat juga tidak terlalu bagus. Lebih banyak gunakan aktifitas fisik saat dikantor, seperti lebih memilih naik turun dengan tangga dari pada lift, lakukan gerakan ringan saat duduk terlalu lama di kantor.

5. Pantau tekanan darah, kadar kolesterol dan gula darah secara rutin
Tekanan darah, kadar kolesterol dan gula darah yang baik dalam tubuh akan menghindarkan kita dari ancaman penyakit kronis seperti penyakit jantung dan pembuluh darah, stroke atau diabetes mellitus. Penyakit tersebut merupakan penyakit penyebab kematian terbanyak di Indonesia.

6. Tidak merokok dan hindari mengkonsumsi alkohol
Berhenti merokok atau tidak memulai untuk merokok mungkin adalah suatu keputusan yang paling penting dalam hidup kita yang bisa memberi manfaat agar kita panjang umur. Alkohol adalah musuh bagi organ hati. Konsumsi berlebihan dapat menyebabkan kerusakan fungsi hati dan dapat menyebabkan kematian.

7. Lakukan medical chec up atau pemeriksaan kesehatan rutin
Kesibukan yang tidak kunjung selesai dan kebiasaan lainnya yang sering kita pelihara sebenarnya tanpa sadar telah menggerogoti tubuh kita perlahan-lahan dan mempengaruhi status kesehatan kita tanpa kita sadari. Dengan melakukan medical check up rutin kita dapat memantau kondisi kesehatan kita dan juga dapat mendeteksi masalah kesehatan yang mungkin terjadi dalam tahap paling awal. Medical check up merupakan investasi yang sangat penting dalam kehidupan kita.

8. Optimis, ceria, dan berbagi kebaikan ke sesama
Saat Anda melakukan kebaikan, otak akan melepas hormon bahagia dan hormon yang menekan stres. dengan mengurangi stress maka dapat terhindar dari berbagai macam penyakit. Sehingga Anda merasa lebih baik dan bahagia.

Memang ada beberapa hal yang tidak dapat kita hindari seperti pertambahan usia dan pengaruh genetik, namun dengan melakukan cara agar panjang umur dan sehat membantu kehidupan anda agar lebih baik. Yuk mulai hidup sehat dari sekarang.(ilustrasi:blog.medi-share.org)
Tag : Tips Sehat
0 Komentar untuk "Tips Agar Panjang Umur dan Sehat"

Back To Top