Penyebab Mata Kedutan

penyebab-mata-kedutan
Setiap orang pernah mengalami mata kedutan, Banyak mitos yang menyebutkan bahwa mata kedutan adalah pertanda sesuatu hal, entah itu baik atau buruk. Namun sebenarnya kondisi ini bisa dijelaskan secara medis

Mata kedutan terjadi karena serabut saraf di dalam otak mengalami kontraksi sesaat. Denyutan pembuluh darah tiba-tiba seperti mengalami rangsangan yang membangkitkan aliran listrik melalui nervus facialis yang membuat mata kejang sesaat.

Mata kedutan bisa terjadi pada semua usia dan bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan karena bukan penyakit berbahaya dan tidak mempengaruhi kemampuan fungsi mata. Namun, kedutan bisa dianggap berbahaya bila kejadiannya berlangsung secara terus menerus dan dalam waktu lama atau gerakannya tidak bisa diobati.

Berikut ini beberapa penyebab mata kedutan yang dapat dijelaskan secara ilmiah, yaitu :

1. Terlalu banyak konsumsi minuman berkafein
Minum kopi atau minuman berkafein memang dapat membantu seseorang untuk lebih berkonsentrasi, namun aktivitas ini juga membuat otot kelopak mata bekerja lebih keras. Saat terlalu banyak distimulasi dengan kafein, sel saraf pada kelopak mata akan merespon terlalu banyak dan kedutan pun secara tiba-tiba akan terjadi.

2. Stres dan cemas
Jika terlalu banyak bekerja dan berada di bawah tekanan apalagi ditambah dengan istirahat yang kurang, tingkat stres seseorang akan meningkat. Imbasnya mata akan sering mengalami kedutan, sebuah studi menunjukkan, saat stres, gejala kedutan cenderung akan menjadi lebih buruk.

3. Mata terlalu tegang
Stres dapat terjadi juga pada bagian-bagian tertentu yang spesifik. Jika digunakan secara berlebihan, misalnya terlalu banyak menatap layar komputer atau televisi, mata akan lebih mudah merasa lelah dan kedutan.

4. Kelelahan
Seringkali dikaitkan dengan stres, kurang tidur dapat mempengaruhi tubuh secara keseluruhan, termasuk kelopak mata. Tubuh yang lelah biasanya tidak dapat bekerja secara optimal dan menimbulkan gejala juga pada kelopak mata.

5. Alkohol dan rokok
Seringkali konsumsi alkohol dan merokok juga bisa menjadi penyebab dari kedutan. Tidak ada substansi khusus yang diketahui dapat memicu mata kedutan, namun pada sebagian orang konsumsi alkohol dan merokok dapat memicu kondisi tersebut terjadi.

6. Ketidakseimbangan Nutrisi
Beberapa laporan menunjukkan kekurangan zat gizi tertentu seperti magnesium dapat memicu kejang kelopak mata. Jika Anda mencurigai kekurangan gizi telah mempengaruhi kesehatan sebaiknya minta pendapat ahli gizi.

7. Alergi
Orang-orang dengan mata alergi memiliki gejala antara lain gatal, bengkak dan mata berair. Ketika mata digosok, akan mengeluarkan histamin yang memicu keluarnya air mata. Beberapa bukti menunjukkan bahwa histamin dapat menyebabkan kelopak mata bergerak-gerak.

8. Iritasi permukaan mata
Bila bagian terluar mata mengalami iritasi, maka reaksi yang mungkin terjadi adalah kedutan. Kondisi seperti mata kering atau alergi bisa saja menyebabkan kedutan.

Istirahat adalah cara paling efektif untuk mengatasi mata kedutan. Selain itu, kurangi penggunaan gadget, laptop, layar komputer, atau televisi dan atur penuhi kebutuhan nutrisi harian. Semoga artikel penyebab mata kedutan di atas berrmanfaat bagi anda.(Berbagai sumber)

Tag : Ragam
0 Komentar untuk "Penyebab Mata Kedutan"

Back To Top