Pentingnya Check Up Kesehatan Setelah Lebaran

check up-setelah-lebaran
Sebenarnya saat berpuasa adalah masa pengontrolan yang baik untuk sebagian besar penderita diabetes maupun tekanan darah tinggi. Namun ketika lebaran tiba tubuh dikagetkan dengan banyaknya asupan gula, kolesterol dan garam. Inilah yang akan memicu kambuhnya penyakit-penyakit lama.

Selain itu kesibukan merayakan lebaran itu menyebabkan pasien melupakan kewajiban minum obat untuk mengontrol penyakitnya. Lepas kontrol saat berhari raya membuat rumah sakit dipenuhi pasien. Agar tak dilarikan ke rumah sakit seusai lebaran, lebih baik berjaga-jaga. Antara lain dengan check up kesehatan

Lepas kontrol diri terhadap pantangan makanan ditambah dengan banyak tersedianya makanan berlemak membuat seseorang jadi rentan terkena penyakit metabolik untuk jangka panjang berupa diabetes, tekanan darah tinggi, peningkatan kolesterol, serangan jantung mendadak dan gangguan ginjal. Buat orang kebanyakan diare juga merupakan ancaman penyakit yang biasa diderita orang saat lebaran. (Baca : Penyakit yang Biasanya Muncul Setelah Lebaran)

Cara paling terbaik terhindar dari penyakit berat serupa serangan jantung, stroke dan diabetes terlebih di hari raya adalah dengan mencegahnya agar tidak menyerang secara tiba-tiba. Periksa kesehatan atau check up adalah langkah bijaksana mengetahui kondisi kesehatan secara menyeluruh.

Lewat medical check up dilakukan skrining faktor-faktor risiko untuk terkena penyakit sehingga bisa dilakukan tindakan pencegahan sejak dini. Seseorang memiliki risiko tinggi sakit jantung jika dia menderita kadar kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, diabetes, kegemukan, kurang olahraga dan merokok. Terutama bagi yang telah berumur di atas 45 tahun untuk pria dan di atas 55 tahun untuk wanita. 

Karena itu, untuk orang tua tercinta, mungkin hadiah periksa kesehatan lengkap ini bisa jadi hadiah lebaran yang sangat berharga untuk mereka. Sebab dengan check up, kesehatan bisa dimonitor dan risiko-risiko serangan jantung dan stroke bisa dicegah lebih dini. Namun sejatinya kini pemeriksaan kesehatan komplit itu bukan hanya kebutuhan warga paruh baya atau orang tua. Sebab kini risiko terkena serangan jantung dan stroke saat ini bergeser dari usia paruh baya ke usia yang lebih muda tanpa memandang jenis kelamin. 

Untuk pencegahan bermacam-macam penyakit setelah lebaran dapat dilakukan pemeriksaan lengkap di laboratorium klinik diantaranya kencing manis, kolesterol, asam urat, fungsi hati, fungsi ginjal, darah lengkap, urin lengkap serta juga pemeriksaan tekanan darah. 

Jangan terlambat, karena saat ini pola hidup dan pola makan sudah bergeser. Terutama pola makan di perkotaan cenderung kaya akan lemak dan garam. Apalagi bagi yang memiliki riwayat keturunan penyakit diabetes, hiperkolesterol, gangguan jantung, perlemakan hati, penyakit ginjal, hipertensi dan obesitas. Maka pemeriksaan kesehatan merupakan hal yang wajib. 
0 Komentar untuk "Pentingnya Check Up Kesehatan Setelah Lebaran"

Back To Top