Kegiatan Sehat di Akhir Pekan

kegiatan-sehat-di-akhir-pekan
Akhir pekan tentunya merupakan saat yang dinanti-nantikan bagi kita yang selalu sibuk dengan aktifitas tiap hari. Karena saat akhir pekan selalu menjadi hari bebas tanpa ikatan keteraturan. Kita bebas mengatur waktu bangun tidur hingga jadwal makan. Semua bisa dilakukan tanpa aturan. Sehingga kebiasaan hidup teratur dan sehat menjadi terabaikan

Agar akhir pekan anda menjadi lebih sehat karena punya banyak waktu luang. Berikut ini beberapa kegiatan sehat di akhir pekan yang dapat anda coba

1. Olahraga
Banyak jenis olahraga yang dapat Anda lakukan untuk mengisi di akhir pekan karena Anda punya banyak waktu luang. Jadi kesempatan untuk memulai lagi kebiasaan olahraga. Anda bisa jogging di taman selama 30 menit, senam, yoga, lari pagi hingga berenang, badminton, futsal dan bermain sepakbola. Olahraga teratur setiap pekan akan membuat tubuh Anda lebih sehat dan bugar menghadapi aktifitas sehari-hari.

2. Makan seperti hari biasa.
Saat akhir pekan jadwal makan tidak teratur dan cenderung tidak terkontrol. Cobalah makan seperti hari-hari biasa. Ini penting agar asupan yang masuk tidak berlebihan yang berakibat tak baik bagi kesehatan (Baca : Awali Hidup Sehat dari Makanan).

3. Masak bareng dengan keluarga
Dengan memasak sendiri di rumah bersama keluarga selain sehat dan hemat, Anda bisa memperoleh manfaat lainnya, yaitu kebersamaan, kerja sama, dan saling menghargai. Sehingga hubungan dalam keluarga menjadi harmonis dan bahagia.

4. Konsisten pada jadwal tidur
Banyak orang yang disiplin tidur saat hari kerja, tapi akan tidur malam ketika tiba akhir pekan. Mengubah pola tidur akan berakibat kurang baik karena mengubah kebutuhan tidur yang sehat sesuai dengan usia. Anda akan bangun siang dan tak bisa lagi sarapan. Ketika bangun siang, rasa lapar pun langsung mendera dan biasanya makan jadi tidak terkontrol. Tak hanya itu, kebiasaan tidur malam akan berimbas saat Minggu malam, Anda pun sulit tidur lebih awal. Akibatnya, saat bangun di awal pekan kondisi tubuh tidak dalam kondisi segar.

5. Perbanyak kegiatan di luar (outdoor) 
Karena kebanyakan saat bekerja Anda di dalam ruangan,  akhir pekan memberikan kesempatan bagus untuk kegiatan outdoor . Paparan sinar matahari pagi hari akan meningkatkan produksi vitamin D, udara segar juga baik bagi kesehatan. Ajak keluarga atau teman Anda piknik ke daerah yang penuh dengan nuansa alam, seperti daerah pinggiran kota yang masih alami, daerah pedesaan yang asri, danau, kaki gunung dan pantai. Ada banyak kegiatan yang dapat Anda lakukan saat piknik, seperti memancing, bakar ikan dan berpetualang.

6. Membersihkan dan dekorasi rumah
Apalagi jika Anda tidak mempunyai rencana untuk keluar rumah hari itu. Daripada bermalas-malasan dan tidak melakukan apa apa, lebih baik Anda beres-beres dan membersihkan rumah. Selain membuat rumah menjadi bersih, tubuh akan banyak bergerak, mengeluarkan keringat dan menyehatkan. Anda juga dapat mendekorasi ulang ruangan di rumah Anda dan membuatnya jadi lebih rapi dan teratur.

7. Berkunjung
Mengunjungi kerabat dan sanak famili saat akhir pekan merupakan hal yang juga sangat baik dilakukan saat libur akhir pekan. Silaturahmi akan membuat hubungan Anda menjadi lebih erat dan akrab serta meningkatkan kehidupan sosial Anda (Baca : 5 Fakta Kebaikan, Membuat Anda Semakin Bahagia).

8. Lakukan hobi Anda
Melakukan hobi yang Anda sukai di akhir pekan dapat menambah kualitas hidup anda. Karena hobi membantu Anda melepaskan beban penat dan stres saat bekerja sehingga sehabis melakukan hobi Anda, pikiran dan tubuh Anda refresh kembali dan siap melakukan pekerjaan yang terbaik.

Mengisi libur akhir pekan dengan kegiatan sehat di akhir pekan akan sangat berdampak baik terhadap kesehatan dan kualitas kehidupan Anda. Selamat mencoba!
0 Komentar untuk "Kegiatan Sehat di Akhir Pekan"

Back To Top