Awali Hidup Sehat dari Makanan

makanan-sehat
Hidup sehat merupakan idaman setiap orang. Ada beberapa langkah yang harus diperhatikan dan dijalani untuk mencapai pola hidup sehat, diantaranya makanan yang kita konsumsi. Berikut ini beberapa tips awali hidup sehat dari makanan, selamat mencoba!

1. Be practical and be smart. Tidak menelan mentah-mentah informasi kesehatan apa pun itu. Banyak info kesehatan dari luar negeri yang belum tentu sesuai dengan kondisi orang Indonesia.

2. Makanan pokok khas Indonesia adalah nasi putih. Mengubah orang Indonesia untuk tidak makan nasi putih, rasanya tidak mungkin. Malah bisa bikin frustrasi. Bahkan, penderita diabetes pun masih bisa makan nasi putih, seperti nasi India yang rendah glikemik indeksnya. Bagi mereka yang tidak punya riwayat penyakit, tidak perlu takut mengonsumsi nasi putih. Bagi mereka yang obesitas, perlu diperhatikan kalorinya. Yang penting, dampingi nasi dengan protein sehingga gula darah tidak naik turun, seperti yang dikhawatirkan.

3. Makan Secara Teratur. Melewatkan jam makan hanya akan membuat kontrol rasa lapar hilang, bahkan hasilnya malah jadi rasa lapar yang berlebihan. Saat Anda merasa lapar, itu juga berarti Anda melupakan soal nutrisi dalam makanan Anda.

4. Manfaatkan aneka bumbu untuk membuat makanan lebih enak tanpa menambah kalori karena Indonesia sangat kaya akan bumbu dan rempah-rempah.

5. Perbanyak konsumsi ikan, karena ikan mengandung omega 3 dan kolesterol baik. Tapi, jangan terlalu banyak ikan juga tidak baik untuk berat badan.

6. Mengonsumsi kayu manis bubuk  3 gram, 3 kali sehari, selama 30 hari, berkhasiat menurunkan resistensi insulin. Berat 3 gram itu setara dengan satu sendok makan. Bisa dicampur dalam teh atau cappuccino. Kalau dilakukan terus selama 3 bulan, kadar gula darah dan kolesterol akan membaik. Setelah itu, cukup satu sendok makan per hari.

7. Hati-hati membaca label yang mempromosikan kesehatan, jika Anda ingin berat tubuh yang ideal. Sehat belum tentu membuat berat tubuh ideal.

8. Jangan berutang kalori makan sesuka hati dulu, baru dibayar dengan olahraga belakangan. Lebih baik kerja atau olahraga dulu, baru makannya boleh lebih banyak. Ini penting untuk menghindari gangguan pola makan seperti bulimia (Baca : Ada Penyakit Baru Perpaduan Antara Diabetes dan Bulimia).

9. Seimbangkan Pilihan Makanan Anda Setiap Saat. Tak semua makanan harus sempurna. Saat Anda menyantap makanan tinggi lemak, garam atau gula, pilih yang bahan-bahannya paling rendah. Jika Anda melewatkan kelompok makanan ini dalam sehari, perbaiki di hari berikutnya.

10. Buah baik karena banyak mengandung antioksidan, tapi belum tentu baik untuk kesehatan. Misalnya, pada mereka yang memiliki kecenderungan gula darah tinggi, ada buah-buah tertentu yang mengandung gula tinggi (contoh: semangka, sawo). Bagi yang sedang ingin menurunkan berat badan, perlu diketahui bahwa buah juga mengandung kalori. Jika makan buahnya banyak (contoh: makan pisang 5 buah), nilainya bisa setara dengan sepiring nasi.

11. Pilih makanan yang didasarkan pada pola makan total Anda, bukan berdasarkan ‘baik’ atau ‘buruk.’ Jangan merasa bersalah jika Anda menyukai makanan seperti pie, kripik kentang, cokelat atau es krim. Makan secara layak, dan pilih makanan lain yang dapat menyeimbangkan gizi Anda dan beragam yang lain, yang baik untuk kesehatan Anda. (femina.co.id/kapanlagi.com/foto:youqueen.com)
Tag : Dapur Sehat
0 Komentar untuk "Awali Hidup Sehat dari Makanan"

Back To Top