Asiknya Arung Jeram di Sungai Elo

arung-jeram-elo
Mau refreshing, liburan, atau hang out, bosan jalan-jalan di tempat yang itu-itu aja, mau coba sesuatu yang berbeda dan menantang? Cobalah arung jeram!

Rafting atau Arung Jeram boleh dikatakan suatu olahraga, rekreasi, petualangan dan edukasi. Tidak ada persyaratan yang khusus bagi anda yang ingin mengikuti kegiatan rafting atau arung jeram. Hampir semua orang mulai dari anak-anak, remaja sampai dewasa. Kegiatan rafting atau arung jeram tidak hanya bagi orang yang bisa berenang saja tapi orang yang tidak bisa berenangpun bisa mengikuti kegiatan rafting atau arung jeram.

Bagi pemula, sepertinya Sungai Elo yang terletak di Desa Blondo, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, bisa menjadi target utama. Dengan jalur pengarungan sepanjang 12,5 km dan durasi waktu sekitar 2,5 - 3 jam, memiliki jeram jeram tingkatan bahaya rendah kelas 3 yang cukup menantang dan menghibur untuk dilalui bersama keluarga dan orang tercinta.

Awalnya, penggambaran derasnya arus, jeram yang panjang, jarak dan waktu tempuh pengarungan memang terlihat menakutkan. Tapi, jangan pernah berpikir seperti itu sebelum mencoba langsung!

Saat mulai pengarungan, perahu karet sudah bersender di tepi Sungai Elo. Sebelum menuju perahu, seorang river guide terlebih dahulu memberikan pengarahan kepada peserta rafting. Penyedia jasa arung jeram wajib melakukan hal ini karena sudah menjadi prosedur keamanan yang harus ditaati. Pengarahan itu biasanya berisi tentang teknik-teknik pengarungan, mulai dari cara memegang dayung, menggunakan pelampung, duduk di perahu, berenang di jeram, sampai cara menyelamatkan teman-teman yang jatuh dari perahu.

Setelah pengarahan selesai barulah kita menuju perahu dan mulai mengayunkan dayung di air. Riak jeram yang memercik mulai membasahi tubuh dan suasana di dalam perahu mulai riuh dengan canda dan tawa. Dan kita harus tetap ingat, berarung jeram di sungai sudah pasti akan basah. 

Jeram-jeram kecil mengawali pengarungan di Sungai Elo dengan sangat ramah. Sampai pada jarak sekitar 700 m kita akan bertemu dengan sebuah jeram yang cukup besar, struktur yang miring dan arus yang sangat deras. Deburan jeram memercik, membuat air masuk ke dalam perahu dan membasahi seluruh isi perahu.

Tidak lama kemudian, sekitar 50 m, jeram yang lebih menantang, yaitu Jeram Kedung Celeng sudah siap menyerang. Jeram ini memang besar dari jeram sebelumnya. Susana riuh, canda riang menghiasi pengarungan Sungai Elo ini karena jeram-jeram berikutnya sudah menanti di depan. Teriak dan tawa mengiringi deburan jeram hingga memberikan nuansa kebebasan yang kita rindukan setelah penat dengan rutinis pekejaan.

Selama pengarungan suasana pedesaan dan rindangnya pohon Elo begitu terasa menyejukkan. Karena begitu banyaknya pohon Elo yang ada di sepanjang sungai ini, masyarakat menyebut sungai ini dengan nama Sungai Elo.

Kurang lebih 1 jam melakukan pengarungan, sampailah kita di rest area yang merupakan titik tengah pengarungan. Di rest area ini para penyedia jasa arung jeram biasanya sudah menyiapkan kelapa muda dan jajanan pasar tradisional untuk menemani kita melepas lelah sejenak. Segarnya air kelapa muda dan riuhnya canda tawa membuat waktu istirahat selama 15 menit terasa begitu cepat.

Setelah beristirahat kita kembali melanjutkan pengarungan, kita kembali disuguhi dengan pemandangan yang tak kalah seru. Melewati sebuah celah sungai yang cukup sempit, dengan lebar penampang sungai sekitar 3-4 meter. Pada area penyempitan ini, dibagian kanan dan kiri sungai banyak terdapat dinding-dinding tebing. Airnya deras tapi tenang dan di sinilah biasanya para peserta arung jeram mencoba daya apung pelampung dengan menceburkan diri ke sungai.

Hampir 3 jam waktu berjalan tanpa terasa. Jeram-jeram dan suasana di Sungai Elo sangat alami. Keindahan, kesejukan, dan rindangnya pohon-pohon Elo seperti menghipnotis para peserta dan membuat waktu terasa sebentar. Walaupun, lelah dan butuh kerja keras, arung jeram di Sungai Elo bisa memberi energi alami sehingga tubuh ini tidak terasa lelah saat mendayung. Menyegarkan kembali semangat kerja, hubungan interpersonal, meningkatkan confidence dan kerjasama team sekaligus pemberian reward atas keberhasilan yang telah dicapai. Selamat mencoba!
Tag : Traveling
1 Komentar untuk "Asiknya Arung Jeram di Sungai Elo"

Back To Top