Agar Gaji Sebulan Tak Lewat!

mengatur-keuangan
Banyak dari kita mengalami, kerja kurang lebih 22 hari, tapi gaji habis dalam waktu 7 hari. Sesudahnya, Anda hidup dengan langkah berat, senyum getir, dan tanpa semangat (Baca : 3 Aktivitas Untuk Merangsang Semangat Kerja). Saat kondisi seperti ini benar-benar buat kepala terasa pening dan melakukan apapun terasa berat.

Jika setiap bulan Anda selalu berhadapan dengan situasi yang demikian. Selain tak sehat, juga bisa membuat konsentrasi kerja menurun. Gaji yang lebih besar bukan solusi terbaik. Sebab, persoalannya bukan pada nominal penghasilan, melainkan pada bagaimana Anda mengelola keuangan bulanan. Berikut ini tips agar gaji anda tak hanya lewat di tangan anda

1. Sisihkan untuk Zakat dan Amal
Cobalah untuk menyisihkan gaji bulanan Anda minimal sebesar 2,5 persen untuk zakat dan maksimal 10 persen untuk amal dan kegiatan sosial lainnya. Dana ini bisa digunakan untuk membantu orang di sekeliling anda (Baca : Nikmati Indahnya Berbagi).

2. Dahulukan pengeluaran untuk kebutuhan primer
Saat menerima gaji bulanan, segera pisahkan dana prioritas untuk kebutuhan primer sehari-hari. Mulai dari kebutuhan rumah tangga, biaya transportasi, biaya sekolah, tagihan rutin seperti listrik, air dan komunikasi.

Mungkin masukan di atas terdengar basi, tetapi kenyataannya banyak orang yang sulit untuk menerapkan teori sederhana tersebut. Jangankan untuk merencanakan anggaran, menyisihkan penghasilan untuk ditabung saja, selalu gagal. Maka dari itu, Anda harus melatih dan menahan diri untuk tidak langsung foya-foya usai menerima gaji.

3. Membuat anggaran belanja realistis
Sebelum gajian adalah waktu terbaik menganggarkan rencana biaya dalam sebulan. Cara ini memudahkan Anda untuk menjalankan dan mengimplementasikan rencana serta anggaran saat gaji sudah ada dalam rekening Anda.  Dengan demikian, Anda bisa tahu mana pos-pos yang harus dihemat atau dihilangkan sama sekali.

Selanjutnya, lakukanlah peninjauan setiap tiga bulan sekali. Tujuannya, untuk mengetahui pos anggaran mana yang sering membuat Anda defisit di tengah bulan. Misalnya Anda lebih banyak mengeluarkan biaya hiburan dan bersenang-senang, berarti untuk menghindari kondisi bangkrut menjelang hari gajian, cobalah untuk berkompromi untuk mengurangi berpergian dan berbelanja.
Anda tak harus menghilangkannya sama sekali. Anda hanya perlu mengontrol dan mengurangi frekuensinya.

4. Lunasi utang dan cicilan
Segera lunasi segala tagihan yang menumpuk setelah menerima gaji. Hal ini membantu penghitungan anggaran untuk jangka panjang. Apabila, utang tersebut tidak dapat dilunasi dalam waktu singkat, lakukan analisa, dan hitung berapa kali pembayaran yang harus disetorkan hingga utang tersebut lunas. Jika ingin mencicil sesuatu, sebaiknya disesuaikan dengan 30 persen pendapatan Anda. Dari perhitungan tadi, berpikir ulanglah sebelum membeli barang dengan berutang.

5. Selalu setia pada anggaran yang telah anda buat
Penting!!Setialah kepada anggran yang sudah Anda buat seperti setia kepada pasangan dan hindari melakukan pembelanjaan mendadak di luar anggaran. Catat semua pengeluaran yang Anda buat.

6. Miliki dua rekening bank
Anda wajib memiliki dua rekening bank yang berbeda. Rekening pertama digunakan untuk semua transaksi, seperti bayar tagihan, membayar asuransi, cicilan rumah.
Sementara yang kedua, digunakan untuk menabung. Usahakan rekening bank untuk uang tabungan anda bebas biaya administrasi dan hanya memakai buku tabungan saja tanpa kartu ATM, atau pilih bank yang menerapkan biaya administrasi rendah dan jaringan mesin ATM-nya terbatas. Anda pun bisa menyimpan kartu ATM di tempat tidak mudah dilihat sehingga kartu ini jarang digunakan. Sehingga anda tidak terpikir untuk mengambil uang yang seharusnya ditabung.

7. Siapkan biaya tak terduga
Biasan untuk menyiapkan biaya tidak terduga atau dana candangan. Pisahkanlah dari tabungan dan rekening harian. Tujuannya tentu saja untuk membiayai kebutuhan mendadak, seperti biaya dokter, ke bengkel, dan sebagainya.

8. Investasi
Jika Anda masih memiliki dana lebih setelah menabung dan membayar tagihan, coba investasikan uang Anda. Konsultasikan kepada ahlinya atau lakukan survei kecil sebelum Anda memutuskan di mana Anda akan menginvestasikan uang Anda.

Semoga tips agar gaji anda tak hanya lewat diatas bermanfaat dan menjadi acuan Anda menghemat keuangan menjadi lebih baik untuk masa depan. (Berbagai sumber/foto:www.thegrindstone.com)

Tag : Keluarga
0 Komentar untuk "Agar Gaji Sebulan Tak Lewat!"

Back To Top