20 Jenis Makanan Pembangkit Rasa Bahagia

makanan-pembangkit-rasa-bahagia
foto : magforliving.com
Banyak cara untuk atasi mood buruk serta stress, salah satunya adalah dengan makan. Saat suasana hati sedang buruk, merasa sedih dan tidak bersemangat (Baca :Cara Ampuh Usir Bad Mood) , pilihlah makanan jenis tertentu yang memang memicu keluarnya hormon dopamine di otak. Berikut ini 20 jenis makanan pembangkit rasa bahagia yang bisa anda konsumsi tiap hari

1. Makanan Alami
Konsumsilah makanan alami bikinan sendiri yang bahannya kalau bisa ditanam sendiri di kebun. Hindari makanan olahan yang sudah jadi. “Banyak riset di bidang gizi dan ilmu saraf mengungkapkan mereka yang mengonsumsi makanan olahan moderen mengalami peningkatan depresi, kecemasan, perubahan suasana hati, hiperaktivitas dan banyak jenis masalah mental dan emosional,” ujar Dr. Drew Ramsey, psikiater dan blogger dari Huffington Post.

2. Bayam
Bayam banyak mengandung asam folik yang mendorong munculnya sel-sel darah merah yang sehat dan sistem kekebalan yang kuat, yang menjadikan penyantapnya berenergi dan bersemangat. 

3. Madu
Madu mengandung kaempferol dan quercetin, yang membantu untuk mencegah depresi (dan menjaga otak sehat) dengan mengurangi peradangan di otak. Madu juga di gunakan sebagai sumber energi yang menyediakan sekitar 64 kalori per sendok makan.  Penelitian menunjukkan bahwa madu dapat meningkatkan performa bantuan yang sangat baik dan membantu dalam mendorong performa atlet. Madu memudahkan dalam menjaga gula darah penyembuhan otot dan pemulihan setelah latihan karena mengan 354 kcal.

4. Ikan Salmon
Ikan salmon dan ikan lain yang kaya akan asam lemak omega tiga berperan penting menjaga suasana hati dan kesehatan mental kita. Riset sudah membuktikan bahwa asam lemak sehat ini memiliki manfaat melindungi tubuh dari depresi. Bahkan ada studi lain yang membuktikan asam lemak omega tiga mengurangi kecemasan yang dirasakan mahasiswa kedokteran.
Sumber asam lemak omega tiga juga ada pada ikan kembung yang murah meriah. Asam lemak ini juga ditemukan pada kacang walnut.

5. Coklat
Makanan favorit kaum hawa ini diketahui kaya akan antioksidan yang mampu melawan penyakit. Cokelat juga dianggap sebagai makanan super yang berpotensi memiliki manfaat kesehatan. Cokelat dipercaya bisa membuat orang senang, berkat efeknya pada neurotransmitter dan endorfin –zat di otak yang membuat orang merasa senang. Selain itu, zat terbanyak yang terkandung dalam coklat adalah theobromine yang dapat menstimulasi jaringan saraf dan jantung yang membuat kita terjaga dan bersemangat.  Selain enak dan kaya akan antioksidan, cokelat memang membantu mengurangi rasa cemas. Mereka yang sedang cemas atau sering dilanda kecemasan, cokelat susu bisa membantu mengurangi kecemasan.

6. Kacang almond
Amond mengandung senyawa bernama tyrosine. Ini adalah pembangun produksi dopamine dan neurotransmitter pembangkit suasana hati lain yang ada di otak. Itu artinya, makan satu tangkup kacang almon tidak hanya meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah karena kandungan serat dan asam lemak tak jenuh tunggal dan ganda. Tetapi juga mendongkrak suasana hati yang murung.

7. Pisang
Praktis dibawa-bawa sebagai kudapan sehat, pisang memiliki kandungan potasium dan vitamin B yang penting untuk energi, pencernaan, dan sistem saraf. Vitamin B juga penting untuk memperbarui sel terutama untuk kulit, rambut, dan kuku. Riset memperlihatkan bahwa kekurangan vitamin B bisa membuat orang mudah stres, gugup, dan depresi.

8. Apel
Buah apel kaya akan zat bernama quercetin, senywa yang melindungi sel-sel otak dari serangan radikal bebas yang bisa merusakkan tepi-tepi neuron.

9. Alpukat
Para pakar kesehatan menemukan bahwa alpukat kaya akan kandungan asam folat, zat kimia alami yang bisa meningkatkan metabolisme serta energi dalam tubuh. Jika Anda butuh makanan penambah mood agar bisa semangat bekerja sepanjang hari, makanlah potongan atau jus alpukat setelah makan siang.

10. Cabai
Jika Anda suka dengan makanan pedas, maka kebiasaan itu bisa bantu Anda untuk selalu gembira. Cabai bisa meningkatkan endorfin, zat yang membuat orang gembira dan semangat.

11. Kelapa muda
Kelapa mengandung banyak trigliserida. Trigliserida adalah lemak khusus yang menjadi bahan bakar untuk suasana hati yang lebih baik dan mempromosikan kesehatan otak. Anda bisa menyantap daging kelapa muda dan meminum airnya untuk menambah energi tubuh.

12. Kentang
Kentang memiliki antioksidan yang dikenal sebagai anthocyanin, anthocyanin memberikan neuro-protektif, seperti mengurangi radang otak yang umumnya terkait dengan depresi, dan meningkatkan memori jangka pendek. 

13. Kuaci Bunga Matahari
Kuaci bunga matahari juga kaya akan tyrosine yang bermanfaat mendongkrak suasana hati. Kuaci bung matahari juga memiliki vitamin E dan selenium. Vitamin E ini bermanfaat menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

14. Yogurt
Yogurt mengandung vitamin B (B2, B12), D, dan E, yang bagus untuk memperkaya vitamin untuk tulang, rambut, dan kulit. Yogurt juga Kaya protein untuk menjaga stamina tubuh yang membuat penurunan berat badan lebih mudah dan mampu meredakan stres

15. Telur
Telur mengandung jumlah sedang sampai besar seng, vitamin B, yodium, asam lemak omega-3, dan protein. Tidak hanya dapat membuat Anda lebih berenergi, telur juga dapat membuat Anda kenyang lebih lama. 

16. Kerang
Kerang mengandung banyak vitamin B12, selenium, yodium, protein, dan seng, dan sangat rendah kalori dan lemak. Yodium dapat mendukung kelenjar tiroid, yang membantu mengatur suasana hati dan berat badan, sementara selenium dan zinc juga membantu kelenjar tiroid. Vitamin B12 membantu memperkuat dan melindungi sel-sel otak seseorang, yang menjaga otak tetap tajam.

17. Tahu
Tahu juga merupakan sumber tyrosine. Di samping itu tahu merupakan sumber protein dari kedelai yang menyehatkan jantung. Sumber protein kedelai ini juga bagus mengurangi gejala menopause.

18. Keju
Keju mengandung kalsium, protein, dan zinc yang merupakan mineral penting bagi tubuh. Seperti halnya magnesium, zinc memainkan peran penting dalam fungsi seluler dan untuk kesehatan kulit dan rambut, mata, fungsi kognitif, dan indra perasa, dan penciuman.

19. Asparagus 
Asparagus tinggi kandungan folat dan triptofan. Tingkat folat rendah telah dikaitkan dengan rendahnya risiko depresei, menurut penelitian terbaru. Sementara, triptofan digunakan oleh oatak untuk memproduksi serotonin, neurotransmitter yang menstabilkan mood manusia.

20. Tomat
Semua tomat memiliki substansi yang dikenal sebagai lycopene. Lycopene adalah antioksidan yang melawan peradangan di otak dan umumnya melindungi otak. Untuk hasil terbaik, makan dengan minyak zaitun, minyak zaitun membantu meningkatkan penyerapan lycopene.

Tetap jalani hidup dengan bersemangat dan bahagia, semoga 20 daftar makanan pembangkit rasa bahagia di atas bermanfaat bagi anda. (berbagai sumber)
1 Komentar untuk "20 Jenis Makanan Pembangkit Rasa Bahagia"

Halo... Saya ijin meninggalkan jejak. Jika ada yang butuh Dus Makanan bisa hubungi kami Greenpack.

Back To Top