15 Tips Sukses Berhenti Merokok

tips-berhenti-merokok
Merokok adalah candu, dari sekitar 4000 zat beracun yang ada dalam sebatang rokok, nikotin adalah zat yang paling membuat para perokok kecanduan. Di dalam otak nikotin merangsang pelepasan hormon dopamin yang menimbulkan sensasi perasaan senang dan nyaman.

Melepas kebiasaan merokok adalah satu kesuksesan yang sangat luar biasa bagi pecandu rokok. Sudah banyak cara yang dilakukan untuk melepaskan diri dari ikatan asap yang membawa banyak masalah. Terutama penyakit tubuh fisik dan isi dompet. Keinginan kuat untuk berhenti yang dirasakan tidak bisa membawa dampak positif dalam waktu lama bagi pecandunya. Bahkan tidak jarang, mereka kembali ke pola lama dengan jumlah rokok yang lebih banyak dihisap.

Berikut adalah 15 tips sukses berhenti merokok 

1. Sadar
Langkah awal yang Anda harus lakukan adalah, Anda sadar ingin melepaskan kebiasaan merokok. Anda sadar dampak buruk yang bisa diberikan oleh rokok. Kesadaran yang Anda miliki akan memberi pengaruh besar dalam kesuksesan melepas kecanduan merokok. Kesadaran untuk berhenti merokok perlu Anda pertahankan dan kuatkan. Ini satu langkah utama yang harus Anda miliki untuk membentuk satu kebiasaan baru dalam hidup Anda. Tinggalkan kebiasaan yang buruk bagi kesehatan.

2. Jangan langsung berhenti
Rasanya memang mudah untuk langsung membuang sisa rokok yang Anda punya lalu mengumumkan Anda berhenti merokok. Namun, 95% orang yang berhenti total tanpa melalui
terapi berakhir gagal. Hal ini tidak lain karena zat nikotin yang menyebabkan kecanduan. Silakan konsultasi dengan dokter untuk terapi berkala.

3. Minta bantuan teman dan keluarga
Publikasikan keinginan anda untuk berhenti merokok kepada keluarga dan teman anda. Dapatkan dukungan dari keluarga dan teman dekat untuk berhenti merokok, minta mereka untuk selalu mengingatkan bahaya merokok untuk kesehatan tiap kali keinginan anda untuk merokok datang lagi. Dan minta para keluarga dan teman yang memang pecandu rokok untuk tidak merokok didepan anda atau meninggalkan rokok didepan anda. ini bisa menjadi salah satu awal yang baik untuk cara jitu berhenti merokok. Selain itu ini akan menguatkan tekad anda untuk berhenti merokok ketika dukungan banyak datang dari orang yang anda sayang seperti keluarga dan teman terdekat anda.

4. Atur target waktu anda
Jika anda sudah memutuskan untuk berhenti merokok, pastikan target waktu untuk benar – benar bisa berhenti merokok. Anda tidak bisa langsung berhenti begitu saja, itu akan menjadi sangat sulit dan akan terasa menyiksa anda. Jika anda ingin berhasil untuk berhenti merokok anda bisa mulai dengan cara mengurangi sedikit demi sedikit, namun anda juga diharuskan untuk menentukan waktunya. Pasang target waktu sekitar 2 – 3 minggu untuk benar – benar bisa berhenti tidak merokok. Ini merupakan salah satu yang ampuh untuk cara ampuh berhenti merokok tanpa harus menyiksa anda, karena anda melakukannya dengan cara bertahap namun tetap ditargetkan waktunya.

5. Coba terapi pengganti nikotin
Ketika berhenti merokok, gejala ketagihan nikotin akan menyebabkan depresi, frustasi, pusing, dan tidak tenang. Rasa "nagih" tersebut bisa disiasati dengan terapi pengganti nikotin. Misalnya saja permen karet nikotin atau permen tenggorokan sebagai pengganti. Riset menyatakan konsumsi permen mampu meningkatkan keberhasilan terapi sampai dua kali lipat. Namun, konsumsi produk tadi tidak dianjurkan ketika masih merokok.

6. Dimulai dari cara yang mudah
Cara berhenti merokok dengan mudah bisa anda lakukan dengan cara memberikan tanda untuk keadaan anda. Jika anda sedang dalam kondisi yang sangat stress anda diperbolehkan untuk merokok namun tidak dalam porsi yang sama dan banyak. Anda bisa merokok dengan kadar yang dikurangi, jadi tidak sama dengan porsi yang dulu. Jika anda dulu dalam kondisi stress mampu menghabiskan rokok dalam satu bungkus dengan cepat, saat ini coba lah hanya merokok lima batang dalam satu hari. Namun jika kondisi anda baik – baik saja dan tidak dalam keadaan stress anda lebih baik tidak mengkonsumsi sama sekal. Jadi anda merokok dalam keadaan tertentu dan sebutuhnya saja, ini bisa sangat membantu anda untuk berhenti merokok dengan  mudah.

7. Minta resep dokter
Ada obat-obatan resep yang bisa mengurangi efek "nagih" karena tidak merokok. Obat tersebut juga mengurangi rasa nikmat merokok.

8. Kendalikan stres
Salah satu alasan orang merokok adalah untuk menghilangkan stres. Saat berhenti merokok, sebaiknya cari aktivitas lain yang memiliki efek sama dalam menghalau stres.
Pijat relaksasi, mendengarkan musik santai, ataupun yoga bisa jadi alternatif.
Bila memungkinkan, jangan sampai bekerja terlalu keras di minggu pertama Anda berhenti merokok.

9. Hindari hal-hal yang membuat Anda ingin merokok
Beberapa jenis aktivitas dapat meningkatkan keinginan untuk merokok, misalnya saja konsumsi alkohol. Bila Anda terbiasa merokok setelah minum kopi, gantilah minuman Anda dengan teh atau air putih. Demikian juga setelah makan, ganti kebiasaan tersebut dengan mengunyah permen karet atau menyikat gigi.

10. Minum lebih banyak air
Cobalah untuk minum lebih banyak air putih. Air membantu dalam menghilangkan racun dari merokok yang telah terakumulasi dalam tubuh anda lebih cepat, sekaligus mengurangi keinginan anda untuk merokok.

11. Banyak bergerak
Aktivitas fisik mampu mengurangi candu nikotin. Joging, berjalan santai, berkebun, atau bersepeda bisa menjadi pilihan yang baik untuk melawan candu tersebut. Bonusnya adalah tubuh lebih bugar dan kalori banyak terbakar.

12. Konsumsi buah dan sayur
Jangan menjalankan diet ketika Anda mencoba berhenti merokok karena risikonya untuk gagal di kedua hal tersebut sangat besar. Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayur, serta produk susu rendah lemak. Sebuah survei di Universitas Duke menyatakan konsumsi makanan tersebut membuat rokok terasa tidak enak.

13. Beri apresiasi
Bayangkan berapa banyak yang yang akan Anda hemat bila berhenti merokok.
Sisihkan uang itu untuk menghadiahkan diri Anda sendiri. Berlibur bisa jadi pilihan yang tepat.


14. Coba lagi dan lagi
Sangat manusiawi jika Anda gagal berhenti merokok. Coba pahami alasan Anda gagal, perhatikan emosi atau lingkungan sekitar yang kurang mendukung. Setelah itu, buat keputusan untuk mencoba lagi dan tetapkan tanggal kapan akan memulai lagi.

15. Lakukan semua untuk kesehatan Anda
Di samping uang yang dihemat, Anda akan punya tubuh yang sehat. Berhenti merokok akan menurunkan tekanan darah dan denyut nadi Anda setelah 20 menit. Dalam sehari saja, kadar karbon monoksida yang beracun dalam tubuh Anda akan kembali normal. Dua minggu hingga tiga bulan selanjutnya, risiko terkena serangan jantung Anda pun akan menurun. Paru-paru juga akan berfungsi lebih baik.

Jika Anda pernah mencoba berhenti merokok tetapi belum sukses berhenti, jangan berputus asa. Selamat mencoba 15 tips sukses berhenti merokok diatas, lakukan proses perubahan dengan lembut dan santai.
0 Komentar untuk "15 Tips Sukses Berhenti Merokok"

Back To Top