Tips Tetap Sehat di Hari Lebaran

tips-tetap-sehat-di-hari-lebaran
Saat lebaran atau hari raya tiba, segala macam makanan enak nan lezat pasti tersedia, baik di rumah maupun tempat yang dikunjungi untuk silaturahmi. Kita disuguhkan dengan berbagai makanan yang enak yang tentunya banyak mengandung santan dan lemak. Makanan seperti ini tentu kita tahu tidak sehat bagi tubuh kita karena akan memicu berbagai penyakit. Janganlah momen lebaran dijadikan  alasan untuk menyantap sembarangan makanan tanpa memperhatikan nutrisinya.


Untuk menghindari hal-hal yang bisa memicu berbagai penyakit seperti kolesterol tinggi dan lainnya maka kita perlu mengatur pola makan pada saat Hari Raya Idul Fitri. Berikut ini tips tetap sehat di hari lebaran

1. Makan dengan porsi seperti pada hari biasa
Jangan makan dengan porsi yang terlalu besar atau balas dendam setelah satu bulan berpuasa. Usahakan makan dengan porsi yang sedang saja, seperti porsi setiap hari kita biasa makan.

2. Rajin cuci tangan agar terhindar dari penyakit
Hari raya Idul Fitri identik dengan tradisi bersalaman dan mencium tangan dengan tujuan saling memaafkan. Cara menjaga kesehatan tubuh dari berpindahnya kuman, virus serta bakteri melalui perantara tangan, rajin-rajinlah mencuci tangan sebelum makan. Resiko penyakit yang mungkin bisa ditularkan diantaranya flu atau pun sakit perut.


3. Konsumsi buah dan sayur
Hampir semua buah dan sayur efektif membantu menyerap gula dan lemak jahat yang menumpuk sehingga memperlancar sistem pencernaan. Makan apel dengan kulitnya yang sudah dicuci bersih dapat mencegah nafsu makan yang berlebihan saat melihat hidangan hari raya yang tersedia.

4. Batasi makanan manis, bersantan, berlemak dan berkolesterol tinggi
Konsumsi makanan dengan komposisi asupan seimbang, yaitu makanan berkarbohidrat 55-65%, lemak 30% dan protein 10-20% dari jumalh asupan kalori total. Kurangi makanan yang mengandung gula, minyak dan garam.

5. Banyak minum air putih
Air putih memiliki manfaat yang lebih baik dibandingkan minuman lain yang beraroma yang mudah ditemukan saat lebaran. Minum air putih berguna untuk menjaga kesehatan dengan cara menyediakan cairan tubuh untuk aktivitas tinggi yang anda jalani. Hindari minum softdrink, punch dan sirop. Jika dikonsumsi terlalu banyak dapat berdampak buruk pada kondisi pencernaan dan pastinya memicu timbulnya berbagai penyakit.
6. Pola makan bisa menaikkan berat badan
Untuk anda yang rajin menjaga bentuk badan, makanan khas lebaran bisa saja memicu masalah berat badan naik dengan cepat. Kue khas lebaran seperti nastar atau puteri salju memiliki kandungan kalori tinggi. Efeknya, dalam waktu satu minggu berat tubuh bisa naik sekitar setengah kilogram.

7. Menjaga kesehatan penderita diabetes
Bagi diabetesi, lebih baik mengkonsumi makanan sesuai kebutuhan, dimana asupan karbohidrat dan protein harus sesuai dengan takaran dan tentu saja dengan mengurangi makanan minuman manis. Nasi atau ketupat boleh anda konsumsi, namun jangan terlalu berlebih. Menjaga kesehatan dengan mengukur kadar gula darah pada hari raya tetap harus dilakukan. Jangan sampai menyesal nantinya.


8. Untuk penderita hipertensi
Perhatikan dan tetap kontrol diri dalam mengkonsumsi makanan berlemak tinggi, makanan yang asin, diasinkan ataupun diawetkan.

9. Bagi penderita asam urat
Sebaiknya menahan diri untuk tidak berlebihan mengkonsumsi makanan yang berpurin tinggi seperti emping melinjo, daging merah, jeroan (usus, limpa, paru, hati, jantung dan otak), juga kacang-kacangan. Selain itu perbanyak minum air putih membantu mengeluarkan asam urat melalui urine.


10. Bagi yang memiliki riwayat kolesterol tinggi
Hindari makanan yang terlalu gurih, berlemak, gorengan, produk susu, jeroan, sea food (selain ikan) dan makanan sumber lemak hewani lainnya. Bila tetap ingin makan gorengan, sebaiknya ditiris dulu dengan tisu dan batasi jumlah konsumsinya. Atau bila ingin makanan bersantan seperti opor atau gulai, ambil saja dagingnya tanpa kuah

11. Istirahat yang cukup
Setelah kegiatan silaturahmi seharian tentu kondisi tubuh menurun drastis. Tubuh membutuhkan istirahat yang cukup untuk mengenbalikan kondisi terbaiknya. Cara menjaga kesehatan dengan istirahat yaitu tidur berguna untuk menghilangkan rasa lelah berlebih sehingga tidak mudah terserang flu dan pegal-pegal.


Selalu jaga kesehatan anda, jangan sampai menyesal setelah lebaran usai. Selamat berlebaran.

0 Komentar untuk "Tips Tetap Sehat di Hari Lebaran"

Back To Top