Tips Jaga Kesehatan Sebelum Hari Raya dan Mudik

tips-jaga-kesehatan-sebelum-mudik
Mudik ke kampung halaman sudah menjadi tradisi rutin masyarakat muslim Indonesia menjelang hari raya Idul Fitri. Persiapan dan rencana yang matang sejak jauh hari tentu sangat diperlukan agar perjalanan semuanya lancar dan tetap sehat selama berlibur.

Agar tetap sehat dan bugar selama perjalanan mudik dan hari raya, ikuti tips jaga kesehatan berikut ini :

1. Beristirahat Dengan Cukup
Menjalani bulan puasa, lalu bersiap memasuki Hari Raya, kemudian bersiap untuk mudik, stamina kita pasti akan terkuras. Yang paling jelas adalah waktu tidur yang semakin berkurang. Karenanya, kalau mau selalu sehat, kita perlu memperbanyak waktu istirahat. Kelola waktu dengan efisien sehingga kita bisa menuntaskan semua tugas dan aktivitas, kemudian gunakan sisa waktunya untuk beristirahat. Bila memungkinkan, tambah waktu tidur. Salah satu caranya dengan tidur siang di akhir pekan, bila memang tidak sedang perlu pergi ke suatu tempat.

2. Konsumsi Vitamin dan Suplemen
Makan dengan sehat itu penting untuk menjaga kondisi. Karena itu, pastikan menu sahur dan berbuka puasa Anda selalu sarat gizi. Pastikan juga asupan cairan selalu tercukupi. Selain itu, meski sedang puasa bukan berarti Anda berhenti berolahraga. Coba berjalan-jalan sore menjelang waktu buka puasa, jika bisa, karena ini bisa membantu menjaga kondisi tubuh agar tidak mudah sakit. Sebagai pelengkap, Anda bisa mengonsumsi vitamin atau suplemen. Vitamin C penting dikonsumsi meningkatkan daya tahan tubuh, sementara vitamin E akan menjadi sumber antioksidan baik untuk memerangi radikal bebas. Suplemen yang mengandung mineral juga bisa membantu menjaga kesehatan kita selama berpuasa hingga menjelang Hari Raya dan musim mudik.

3. Rencanakan Jadwal Kunjungan
Pastikan rute perjalanan bersilaturahmi saat Lebaran efisien dan tidak melelahkan, supaya Anda tidak mudah lelah dan akhirnya sakit, padahal masih mau mudik lagi. Anda bisa membagi, siapa saja yang akan dikunjungi pada Hari Lebaran pertama, dan mana yang didatangi pada hari kedua. Faktor cuaca juga perlu diperhatikan. Siapkan baju hangat atau payung karena cuaca sekarang sulit diprediksi. Untuk anak-anak, Anda juga bisa menyiapkan baju ganti, kalau-kalau mereka perlu karena sangat berkeringat setelah bermain-main di rumah saudaranya, atau saat kehujanan.

4. Atur Pekerjaan di Kantor
Ajukan cuti jauh-jauh hari sebelumnya, lalu mulai buat jadwal kerja yang efisien, sehingga Anda tidak perlu lembur berhari-hari sebelum cuti, sehingga akhirnya malah lemas saat mau Lebaran. Pengaturan prioritas kerja juga bisa membuat Anda tidak mudah stres di kantor. Soalnya, stres juga berpengaruh terhadap kondisi tubuh. Kalau pekerjaan di kantor sudah tertanggulangi dan semua target sudah terpenuhi sebelum cuti, Anda akan bisa menyongsong Hari Raya dan masa mudik dengan lebih tenang.


source ; family.fimela.com
0 Komentar untuk "Tips Jaga Kesehatan Sebelum Hari Raya dan Mudik"

Back To Top