Penyakit yang Biasanya Muncul Setelah Lebaran

penyakit-setelah-lebaran
Setelah menjalani puasa selama sebulan penuh, hari lebaran akan menjadi puncak kebahagiaan di mana kita bisa berkumpul dengan sanak saudara untuk bersilaturahmi dan saling bermaaf-maafan. Begitu banyak makanan dan kegiatan saat lebaran. Namun sebaiknya waspada, jika tidak hati-hati momen bahagia ini bisa menimbulkan penyakit pada keesokan harinya.


Pola makan “balas dendam” pasca puasa justru akan mengancam kesehatan kita. Berikut ini beberapa penyakit sering terjadi setelah lebaran.

Diare
Gangguan ini bisa timbul karena masuknya segala jenis makanan ke dalam perut kita. Makanan manis, masam, asin, sedap, pedas berbaur jadi satu dalam jumlah berlebihan di waktu yang bersamaan. Bisa juga karena makanan yang kita makan tidak terjaga kehigienisannya.


Batuk dan Radang Tenggorokan
Makanan-makanan bersantan dan berminyak seperti opor dan gorengan yang dikonsumsi berlebihan dapat memicu timbulnya penyakit ini. Makanan-makanan tersebut bisa mengiritasi tenggorokan sehingga menimbulkan lendir dan untuk mengeluarkan lendir tersebut secara refleks kita akan terbatuk.

Hipertensi
Bagi penderita hipertensi, perubahan pola makan pasca puasa dapat membuat lonjakan tekanan darah tak terhindarkan. Kasus stroke akibat hipertensi pasca puasa Ramadhan biasanya meningkat. Untuk dapat menguranginya, penderita hipertensi disarankan untuk menghindari makan makanan yang asin dan berlemak.
Hidangan serba manis seperti kue-kue, minuman segar dengan rasa manis tentu nyaris tak dapat kita hindari saat lebaran. Terlebih saat kita berkunjung ke rumah saudara, tetangga, atau teman. Hidangan serba manis  ini akan  memicu  peningkatan kadar gula darah dalam  tubuh kita. Untuk mencegahnya, lagi-lagi kita tak boleh berlebihan dalam mengkonsumsi makanan-makanan ini.

Dari sedikit uraian di atas, hampir semua penyakit yang banyak terjadi saat lebaran disebabkan oleh makanan yang kita makan. Karenanya, menjaga pola makan yang sehat dan tak berlebihan adalah sebuah kebutuhan. Pantaulah kondisi kesehatan kita dengan datang ke dokter, rumah sakit, atau Laboratorium Klinik.

Tag : Info Sehat
1 Komentar untuk "Penyakit yang Biasanya Muncul Setelah Lebaran"

Jangan selalu berlebihan kalo pas lebaran

Back To Top