Menghitung Masa Subur Wanita dan Pria

cara-menghitung-masa-subur
Kehamilan adalah suatu hal yang diidamkan oleh setiap pasangan suami istri. Kehamilan bisa terjadi apabila sel telur didalam rahim dibuahi oleh sperma. Untuk itu, agar bisa segera mempunyai momongan, alangkah baiknya setiap pasangan mengetahui masa subur karena nantinya akan berpengaruh kepada keberhasilan untuk mempunyai keturunan.

Beberapa fungsi dan manfaat dari perhitungan masa subur adalah memprediksi hari-hari subur yang maksimum, menilai kejadian dan waktu terjadinya evolusi (pembuahan), mengoptimalkan waktu untuk melakukan hubungan seksual untuk mendapatkan kehamilan serta membantu mengidentifikasi sebagian masalah infertilitas.

Masa subur wanita

Masa subur wanita dibedakan antara masa puncak masa subur dan masa subur biasa. Masa puncak subur wanita adalah 14 hari sesudah hari terakhir menstruasi (hari terakhir menstruasi + 13 hari). Sedangkan masa subur biasa pada wanita adalah masa puncak subur -3 hari sampai dengan masa puncak subur +3 hari. Misalnya, jika seorang wanita terakhir menstruasi tanggal 8 maka tanggal masa puncak subur adalah ditanggal 21, dan masa subur awal tanggal 18  dan masa subur akhir pada tanggal 24. Selain itu bagi wanita yang mempunyai siklus menstruasi yang tidak teratur, maka wajib kiranya untuk mencatat panjang siklus menstruasi minimal selama 6 siklus atau 6 bulan.

Untuk perhitungannya adalah dari jumlah hari pada siklus terpanjang dikurangi dengan 11 akan diperoleh hari subur terakhir dalam siklus menstruasi tersebut, serta dari jumlah menstruasi pada siklus terpendek dikurangi 18, akan diperoleh hari subur pertama dalam siklus menstruasi tersebut. Contohnya, jika siklus terpanjang 31 , sedangkan siklus terpendek 26, maka masa subur dapat dihitung, 31 - 11 = 20 dan 26 - 18  = 8, sehingga didapatkan masa subur wanita antara hari ke-8 sampai hari ke-20.

Cara lain yang lebih mudah mengetahui masa subur wanita adalah :

1. Gunakan alat tes masa subur yang sering tersedia di apotik. Untuk mengetahui masa subur, alat yang digunakan dengan media air seni wanita dan mempunyai tingkat ketepatan 90% sampai 95%

2. Metode lebih sederhana dan tradisional mengetahui masa subur wanita adalah dengan mengecek lendir leher rahim dengan jari. Rekatkan jari telunjuk dan ibu jari yang telah dioleskan lendir leher rahim, lalu buat jarak 2 sampai 3 cm. Apabila lendir tersebut putus, maka seorang wanita dalam kondisi tidak subur dan jika tidak putus maka sedang dalam masa subur. Namun metode sederhana mengetahui kesuburan wanita ini hanya memiliki tingkat ketepatan 60% sampai 70% saja.

Masa subur Pria

Tidak hanya wanita, para pria pun mempunya masa subur tersendiri. Masa subur pada pria adalah suatu masa dimana sperma pada pria lebih kuat dan memiliki kemungkinan besar dapat membuahi sel telur pada wanita. Secara umum masa subur pada pria adalah ketika pagi hari dan saat musim dingin. Ketika pagi hari dan musim dingin, pria akan memiliki jumlah sperma yang lebih tinggi dari biasanya. Perubahan waktu dan musim dapat mempengaruhi jumlah sperma pada pria.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh seorang pria untuk mengetahui masa subur, yaitu :

1. Pada umumnya masa subur pria terjadi pada pagi hari sekitar jam 04.00 – 07.00 atau pada suhu masih dingin pada saat musim dingin
2. Masa subur pada pria juga terjadi pada hari ke – 3 sampai hari ke – 7 setelah sperma keluar dari organ reproduksi
3. Produksi sperma pada pria saat pagi atau suhu dingin akan lebih banyak dan lebih kuat untuk bertahan hidup
4. Hindari rasa ngantuk yang berlebihan disaat malam hari karena mempengaruhi kualitas dari sperma
Masa subur pria dan wanita adalah masa dimana sperma dan sel telur memiliki kualitas tertinggi dalam memperoleh persentase kehamilan. ST (Berbagai sumber)
0 Komentar untuk "Menghitung Masa Subur Wanita dan Pria"

Back To Top