Gejala Demam Tifoid (Penyakit Tifus)

demam tifoid penyakit tifus
Saat daya tahan tubuh menurun karena terlalu lelah dan sibuk, tubuh akan menjadi gampang terserang infeksi salah satunya penyakit Tifus. Penyakit ini merupakan penyakit infeksi yang sering menyerang saat daya tahan tubuh kita menurun yang disebabkan oleh bakteri  Salmonella Typhi.

Penyakit ini bisa menyerang siapa saja dari anak-anak hingga orang dewasa, tidak mengenal jenis kelamin, dan dapat tejadi sepanjang waktu.

Gejala-gejala Tifus
Penyakit ini memiliki masa inkubasi  selama 10-14 hari. Pada minggu pertama, gejala yang sering muncul antara lain nyeri kepala, demam, pusing, nyeri  otot, mual, muntah, dan obstipasi  atau diare. Pada minggu ke dua, gejala  klinis menjadi  lebih jelas, berupa  demam yang tinggi, lidah tifoid, hepatomegali  (pembesaran organ hati),splenomegali (pembesaran pada limpa), delirium (sindroma otak), atau psikosis (semacam halusinasi).

Penularan
Cara penularan penyakit Tifus sering disebut dengan  3F, yaitu melalui Faeces (kotoran manusia), Fly (lalat), dan Food (makanan).

Pencegahan
Pencegahan dapat dilakukan dengan melakukan hal-hal berikut:
~ Olah raga teratur
~ Makan dan minum yang higienis
~ Menjaga kebersihan lingkungan dan memberantas lalat
~ Pembuatan jamban yang memenuhi syarat kesehatan
~ Istirahat yang cukup

Diagnosa
Selain pemeriksaan oleh dokter, juga sangat diperlukan pemeriksaan laboratorium untuk menunjang diagnosis demam tifoid seperti Kultur Gal, Widal, atau Anti-Salmonella typhi IgM.

0 Komentar untuk "Gejala Demam Tifoid (Penyakit Tifus)"

Back To Top