Fungsi Kulit yang Menakjubkan Bagi Kesehatan

fungsi-kulit-bagi-kesehatan
Kulit merupakan lapisan luar dari tubuh manusia yang memiliki beberapa lapisan jaringan ectodermal dan penjaga otot-otot yang mendasarinya, tulang, ligamen dan organ internal. Fungsi kulit sangat menakjubkan. Mampu mendeteksi bahaya, menangkal infeksi dan bahkan membantu kita mencium sesuatu. Berikut ini beragam fungsi kulit yang menakjubkan

Mendiagnosa penyakit
Kulit adalah reflektor dari tubuh kita yang mampu mendiagnosa penyakit. Rehana Ahmed, dokter kulit di Edina, Minnesota, mengatakan ia sering mendiagnosis penyakit tiroid hanya dengan memeriksa alis pasien dan melihat kondisi bulu kaki. “Sepertiga dari alis dapat berhenti tumbuh jika menderita penyakit ini,” tutur dia. Hal ini disebabkan tubuh melestarikan hormon yang digunakan untuk pertumbuhan rambut dan fungsi tiroid.

Sebagai pencium
Penelitian terbaru pada kulit menunjukkan bahwa reseptor penciuman ditemukan pada lapisan epidermis. Dengan kata lain kulit kita mempunyai kemampuan untuk mencium bau.

Alat pengeluaran
Kulit sebagai alat pengeluaran zat sisa metabolism yang tidak berguna bagi tubuh berupa keringat yang mengandung air dan garam serta sisa bahan lainnya.

Kulit bisa melar
Kulit merupakan bagian tubuh yang memiliki tingkat elastisitas sangat tinggi. Hal ini terlihat pada wanita hamil yang memasuki usia kandungan 9 bulan.

Sebagai pendingin tubuh
Ketika tubuh kita hangat pembuluh darah membesar dan kulit kita mulai memerah, saat inilah kulit berfungsi sebagai pendingin. Berkeringat adalah cara untuk mendinginkan diri dengan cepat, dan jika kita berkeringat tubuh kita menjadi panas.

Kulit sebagai komunikator
Kulit kita akan menjadi merah atau pucat ketika kita merasa ketakutan. Hal ini menunjukkan kulit kita sedang bertindak sebagai komunikator bagi tubuh untuk menandakan bahwa kita sedang mengalami perubahan kondisi dan emosi.

Pelindung
Kulit melindungi kita dari paparan sinar matahari. Ketika terkena sengatan matahari kulit kita terbakar dan menjadi kecoklatan. Kulit gelap lebih melindungi DNA di dalam tubuh ketimbang dengan kulit putih, maka dari itu banyak orang yang mencoklatkan kulitnya.

Fungsi pembentukan vitamin D
Sintesis vitamin D dilakukan dengan mengaktivasi prekursor 7 dihidroksi kolesterol dengan bantuan sinar ultraviolet. Enzim di hati dan ginjal lalu memodifikasi prekursor dan menghasilkan calcitriol, bentuk vitamin D yang aktif. Calcitriol adalah hormon yang berperan dalam mengabsorpsi kalsium makanan dari traktus gastrointestinal ke dalam pembuluh darah.

Fungsi kulit yang menakjubkan lainnya adalah kulit memiliki sistem kekebalan tubuh sendiri yang bertindak sebagai pertahanan tubuh dari dunia luar. Sel-sel epidermis, yang disebut sel Langerhans memperingatkan tubuh ketika ada virus yang bisa menimbulkan infeksi pada tubuh. Kulit juga membantu mencegah bakteri dan jamur tumbuh. (news.discovery.com/intisari online) 
0 Komentar untuk "Fungsi Kulit yang Menakjubkan Bagi Kesehatan"

Back To Top