Akhirnya UU Kesehatan Jiwa Disahkan DPR

uu-kesehatan-jiwa
Rancangan Undang-undang Kesehatan Jiwa akhirnya disahkan oleh DPR siang tadi (8/7). Dengan disahkan undang undang ini diharapkan bahwa bukan hanya kesehatan fisik saja yang diperhatikan, namun juga kesehatan jiwa masyarakat.

Dengan adanya undang-undang ini, akan ada sistem pelayanan berjenjang dari fasilitas kesehatan primer seperti puskesmas hingga rumah sakit tingkat kabupaten untuk melayani pasien pengobatan gangguan jiwa. Maka puskesmas dan rumah sakit tingkat kabupaten wajib menangani pasien gangguan jiwa tanpa terkecuali, sesuai dengan kapasitas masing-masing instansi.

Sampai saat ini, untuk diketahui terdapat 16 juta jiwa mengalami gangguan jiwa ringan dan 400 ribu orang mengalami gangguan jiwa berat. Sebelumnya hal ini tidak diatur dalam UU sehingga kebanyakan pasien justru diabaikan.

UU Kesehatan jiwa ini diharapkan bisa memaksimalkan upaya promotif dan preventif untuk mengasuh bangsa. Mengingat kebanyakan orang justru memasung para penderita gangguan jiwa serta mengucilkannya dari lingkungan sekitar dengan sangat tidak manusiawi. (detik.com)
0 Komentar untuk "Akhirnya UU Kesehatan Jiwa Disahkan DPR"

Back To Top