Penyakit Kanker Darah (Leukimia)

penyakit-kanker-darah-leukimia
Leukemia (kanker darah) yang dalam bahasa Yunani  leukos λευκός, putih; aima αίμα, darah adalah jenis penyakit kanker yang menyerang sel-sel darah putih yang diproduksi oleh sumsum tulang (bone marrow). Sumsum tulang memproduksi tiga type sel darah diantaranya sel darah putih (berfungsi sebagai daya tahan tubuh melawan infeksi), sel darah merah (berfungsi membawa oxygen kedalam tubuh) dan platelet (bagian kecil sel darah yang membantu proses pembekuan darah).

Leukemia umumnya muncul sejak masa anak-anak, Sumsum tulang tanpa diketahui dengan jelas penyebabnya telah memproduksi sel darah putih yang berkembang tidak normal atau abnormal. Normalnya, sel darah putih mereproduksi ulang bila tubuh memerlukannya atau ada tempat bagi sel darah itu sendiri.

Pada Leukemia (kanker darah), sel darah putih tidak mereproduksi sesuai yang diperlukan oleh tubuh, akhirnya produksi yang berlebihan tidak terkontrol (abnormal) akan keluar dari sumsum tulang dan dapat ditemukan di dalam darah perifer atau darah tepi. Jumlah sel darah putih yang abnormal ini bila berlebihan dapat mengganggu fungsi normal sel lainnya, Seseorang dengan kondisi seperti ini (Leukemia) akan menunjukkan beberapa gejala seperti; mudah terkena penyakit infeksi, anemia dan perdarahan.

Jenis penyakit Leukemia dapat diklasifikasi berdasar :

A. Seberapa cepat waktu perjalanan alamiah penyakit

1. Leukemia akut ditandai dengan suatu perjalanan penyakit yang sangat cepat, memburuk, dan mematikan. Bila tidak segera diobati, maka dapat menyebabkan kematian dalam hitungan hari atau minggu.
2. Leukemia kronis memiliki perjalanan penyakit yang tidak begitu cepat sehingga memiliki harapan hidup yang lebih lama, hingga lebih dari 1 tahun.

B. Tipe sel predominan yang terlibat: limfoid dan mieloid

Pengelompokan penyakit Leukimia berdasarkan jenis sel yang ditemukan pada sediaan darah tepi.
1. Leukemia limfositik yaitu ketika leukemia mempengaruhi limfosit atau sel limfoid
2. Leukemia mielositik yaitu ketika leukemia memengaruhi sel mieloid seperti neutrofil, basofil, dan eosinofil.

C. Jumlah leukosit dalam darah

1. Leukemia leukemik, bila jumlah leukosit di dalam darah lebih dari normal, terdapat sel-sel abnormal
2. Leukemia subleukemik, bila jumlah leukosit di dalam darah kurang dari normal, terdapat sel-sel abnormal
3. Leukemia aleukemik, bila jumlah leukosit di dalam darah kurang dari normal, tidak terdapat sel-sel abnormal

D. Dengan menggabungkan dua klasifikasi pertama, maka leukemia dapat dibagi menjadi:

1. Leukemia limfositik akut (LLA) merupakan tipe leukemia yang paling sering terjadi pada anak-anak. Penyakit ini juga terdapat pada dewasa yang terutama telah berumur 65 tahun atau lebih
2. Leukemia mielositik akut (LMA) lebih sering terjadi pada dewasa dari pada anak-anak. Tipe ini dahulunya disebut leukemia nonlimfositik akut.
3. Leukemia limfositik kronis (LLK) sering diderita oleh orang dewasa yang berumur lebih dari 55 tahun. Kadang-kadang juga diderita oleh dewasa muda, dan hampir tidak ada pada anak-anak
4. Leukemia mielositik kronis (LMK) sering terjadi pada orang dewasa. Dapat juga terjadi pada anak-anak, namun sangat sedikit.

Untuk mengurangi resiko penyakit kanker darah (leukimia), tetap jaga gaya hidup sehat anda. Semoga bermanfaat.


0 Komentar untuk "Penyakit Kanker Darah (Leukimia)"

Back To Top