Lima Gambar yang Wajib Dicantumkan di Bungkus Rokok

gambar-rokok
Sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) No 109 Tahun 2012 mengenai pengendalian tembakau, perusahaan rokok telah diwajibkan mencantumkan peringatan bahaya merokok dalam bentuk gambar di setiap bungkus rokok yang dijual. Ada lima gambar yang akan dipakai dalam tiap bungkus rokok.

Di antaranya gambar kanker mulut, kanker paru dan bronkitis akut, kanker tenggorokan, merokok membahayakan anak, serta gambar tengkorak. Namun, di antara pilihan gambar itu terdapat gambar seorang ayah merokok di dekat anaknya yang mengundang protes dari sejumlah kalangan.

Menanggapi protes itu, Menkokesra Agung Laksono menyatakan tak ada masalah. Gambar itu, ujarnya, untuk menunjukkan bahwa rokok berbahaya untuk anak-anak.

"Merokok bisa memberi dampak negatif pada lingkungan termasuk bayinya sendiri. Di situ digambarkan bukan bayinya merokok, tapi bayi bisa menjadi korban. Anak-anak bayi, ibu hamil korban sebagai perokok pasif," kata Agung di kompleks Istana Wapres, Jakarta, Kamis, (26/6).

Agung menyatakan semua gambar yang dipilih telah disetujui. Oleh karena itu  gambar yang menuai protes tidak akan diganti. Pergantian gambar, kata dia, akan dilakukan dua tahun sekali.

"Tiap dua tahun kita bisa perbaiki. Bisa kita ikuti. Tapi sekali lagi, ini loh korban pada bayi-bayi tak berdaya karena ulah orang dewasa merokok tak bertanggung jawab. Itu maksudnya," tandas Agung.(jppn.com)

Tag : News
0 Komentar untuk "Lima Gambar yang Wajib Dicantumkan di Bungkus Rokok"

Back To Top