Kelebihan dan Kekurangan Beberapa Jenis Bahan Bantal

Bantal merupakan suatu benda yang sangat dibutuhkan banyak orang saat istirahat dari seharian beraktivitas. Namun tidur  akan dapat menimbulkan masalah jika Anda salah memilih bantal. Bantal yang tidak nyaman digunakan malah akan menyababkan sakit punggung.

Ada berbagai jenis bantal yang dapat Anda gunakan. Tapi tidak semua bantal baik untuk kesehatan Anda. Karena itu Anda harus paham tentang bantal agar tidak salah dalam memilihnya. Berikut beberapa jenis bantal dan pengaruhnya terhadap kesehatan Anda.

1. Memory Foam
Bantal jenis pertama ini terbuat dari Polyurethane yakni bahan sejenis busa. Bahan memory foam membutuhkan waktu yang cukup lama untuk kembali ke bentuk semula. Bantal ini nyaman digunakan karena mampu menyerap keringat dengan baik.  Untuk Anda yang mencari bantal yang mampu menyerap keringan dengan baik maka bantal dengan bahan dasar memory foam merupakan salah satu pilihan terbaik.

2. Kapuk
Bantal yang berbahan kapuk ini akanterasa licin saat dipegang. Tapi bantal jenis ini sangat mudah dihinggapi debu dan tungau yang dapat mengganggu kesehatan Anda. Bagi Anda penderita asma tidak dianjurkan memakai bantal ini karena akan memicu serangan asma. Jika Anda memilih bantal ini maka jemurlah bantal sesering mungkin untuk mengurangi debu dan tungau yang bersarang dalam bantal kapuk.

3. Bulu Angsa
Bahan ini tidakllah cocok untuk Anda yang mempunyai alergi terhadap debu dan bulu. Namun dalam segi kelembutan bantal yang menggunakan bahan bulu angsa sangatlah lembut dari bahan lainnya. Semakin banyak bulu angsa yang digunakan untuk membuat bantal maka kelembutan dari bantal akan menambah.

4. Busa
Rata-rata bahan yang digunakan untuk pengisi bahan ini adalah spon atau bahan sintetis yang biasa digunakan sebagai pengisi bantal setelah kapuk. Tetapi ada kelemahan dari bantal yang terbuat dari busa salah satunya adalah akan terasa panas saat digunakan. Dan untuk kelebihannya sendiri adalah bahan ini lebih bersih daripada bahan bulu angsa.

5. Dacron
Bahan ini terbuat dari serat plastik yang sangat halus. Permukaan bantal dacron yang diisi dengan cara dilipat akan terasa halus dan lebih berkualitas. Jika diisi dengan cara digumpal maka permukaannya menjadi tidak rata dan kualitasnya menjadi kurang baik. Bantal dakron yang berat makin lebih baik karena bantal dakron akan kempis.
Beberapa dokter pun mengajurkan penderita asma dan alergi untuk memilih bantal yang menggunakan dacron karena bantal tersebut tidak menyerap debu dan tidak menjadi sarang tungau dan bakteri. Untuk Anda yang ingin lebih tahu seputar kelebihan bantal dacron saya mempunyai referensi artikel yang bagus dalam membahas kelebihan bantal dacron, artikelnya dapat dilihat disini.

6. Latex
Bantal yang terbuat dari getah karet ini permukaannya lebih keras dan rata dibandingkan bantal dakron. Bantal yang terbuat dari bahan lateks cocok untuk orang yang bermasalah dengan tulang leher dan tulang belakang. Lateks juga bebas dari tungau sehingga cocok untuk yang biasa menderita alergi.
Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memilih bantal yang terbaik untuk kesehatan Anda.(Erwin)

Tag : Ragam
2 Komentar untuk "Kelebihan dan Kekurangan Beberapa Jenis Bahan Bantal"

Back To Top