Gejala Penyakit Kanker Serviks

gejala-kanker-serviks
Kanker serviks merupakan jenis penyakit berbahaya yang menyerang wanita. Di Indonesia setiap hari terdapat 40-45 wanita yang terdeteksi kanker serviks dan 20 – 25 orang meninggal setiap harinya. Kanker ini termasuk golongan penyakit yang membunuh secara diam-diam, karena kanker serviks tidak memiliki gejala dini. Seorang wanita baru mengetahui ia terkena kanker serviks setelah penyakit ini sudah mencapai stadium lanjut.

Penyebab utama kanker serviks (kanker leher rahim) adalah human papilloma virus (HPV) atau virus papiloma manusia. Kurangnya pengetahuan mengenai gejala dan tanda kankers serviks membuat sebagian wanita tidak menyadari. Bahkan kanker ini akan menyerang siapa saja dalam rentan usia yang tak terbatas.

Gejala Awal Kanker Serviks
Pada stadium awal penderita kanker serviks sulit ditemukan gejalanya. Penderita kankers serviks pada awal terinfeksi virus layaknya seperti perempuan normal. Adapun pemeriksaan secara medis dengan bantuan tes pap dapat mendeteksi secara dini adanya gejala kanker serviks. Berikut ini beberapa gejala penyakit kanker serviks yaitu :

1. Keputihan patogonis
Keputihan (flour albus) yaitu keluarnya cairan selain darah dari kewanitaan dalam jumlah banyak . Meskipun tidak semua keputihan berbahaya akan tetapi jika anda mengalami keputihan dengan ciri-ciri : keluarnya cairan dalam jumlah banyak, cairan kental, berbau tidak sedap, berwarna tidak normal (kekuning-kuningan, kehijauan, kecoklatan), timbul rasa panas dan gatal pada area kewanitaan, anda harus waspada kemungkinan merupakan gejala penyakit kanker serviks dan segera konsultasikan dengan dokter spesialis obygn.

2. Sakit pada area kewanitaan
Rasa sakit yang menyerang area kewanitaan disebabkan karena human papiloma virus (HPV) berkembang dan mengganggu imunitas tubuh sehingga berakibat perut bagian bawah sakit, sakit pada paha, sakit pada persendiaan panggul saat menstruasi, sakit ketika buang air besar, dan sakit ketika berhubungan badan.

3. Pendarahan
Banyak wanita menanggap bahwa pendarahan yang terjadi karena siklus menstruasi yang tidak normal, akan tetapi perlu diwaspadai itu merupakan gejala penyakit kanker serviks jika darah yang keluar dari area kewanitaan anda sering dan berlangsung rutin maka harus memeriksakan segera pada dokter

4. Nyeri saat buang air kecil
Kantung kemih yang terinfeksi dengan virus akan mengakibatkan penderita mengalami rasa sakit saat buang air kecil ini merupakan gejala penyakit kanker serviks memasuki stadium lanjut.

5. Timbul rasa sakit dan pendarahan saat berhubungan seks
Sering menggonta-ganti pasangan dalam melakukan hubungan seksual beresiko tinggi mengakibatkan kanker serviks. Ketika berhubungan intim sering sakit dan mengeluarkan darah disebabkan adanya infeksi pada leher rahim yang parah.

6. Penurunan nafsu makan
Penurunan nafsu makan menyebakan imunitas menurun sehingga rawan terjadi stress, cemas berlebih, dan menggangu energi. Selain itu, ini merupakan tanda awal terjadinya gejala kanker serviks.

7. Bengkak pada kaki
Ketika anda mengalami kaki bengkak tanpa sebab, mungkin ini serangkaian tanda virus penyebab kanker serviks menyerang tubuh anda.

8. Cepat Lelah
Kelelahan yang menandakan anda terjangkit HPV adalah kelelahan tanpa sebab yang kadang menyerang saat anda bersantai, ini juga bisa menjadi gejala penyakit kanker serviks.

Kanker serviks bukan penyakit yang tidak bisa dicegah dan diobati. Deteksi sejak dini dan rutin melakukan Pap smear akan memperkecil risiko terkena kanker serviks. Selalu jaga gaya hidup sehat dan pola makan Anda agar terhindar dari penyakit pembunuh wanita nomer satu di Indonesia ini.(berbagai sumber)


0 Komentar untuk "Gejala Penyakit Kanker Serviks"

Back To Top