5 Buah yang Sehat untuk Berbuka Puasa

buah-yang-sehat-untuk-berbuka-puasa
Saat berpuasa, tubuh tidak cukup mendapatkan pasokan energi sehingga harus menghancurkan lemak dan otot rangka untuk diubah menjadi energi. Buah menjadi hidangan yang baik untuk berbuka puasa. Namun ada beberapa buah yang harus dihindari karena memiliki kandungan asam tinggi. Buah-buahan yang mengandung asam bisa membuat lambung perih sehingga menimbulkan rasa sakit serta perasaan tidak nyaman. Selain buah yang asam, semua buah bisa menjadi pilihan namun tetap pada prinsip tidak makan berlebihan. Berikut beberapa jenis buah yang sehat untuk berbuka puasa pada saat Bulan Ramadhan :

Pepaya
Pepaya mengadung enzim papain yang sangat baik untuk proses pencernaan protein. Selain itu papain juga berfungsi mengatur asam amino dan mengeluarkan racun tubuh, sehingga sistem kekebalan tubuh meningkat.

Semangka
Buah yang satu ini juga mudah dicerna dan diasimilasi dan juga memberikan nutrisi dan energi. Saat berbuka sangat cocok bila minum secangkir jus buah segar, ditambah dengan dua cangkir campuran buah yang terdiri dari melon, anggur, apel, dan pir.

Kurma
Kurma mengandung glukosa yang mudah diserap karena itu buah ini baik untuk dikonsumsi saat berpuasa. Kurma juga mengandung vitamin A, thiamin, riboflavin dan zat besi. Riboflavin dan niasin membantu melepas energi dari karbohidrat, sedangkan vitamin A dan niasin berperan dalam membentuk dan memelihara agar kulit tetap sehat. Selain itu, kurma juga mengandung mineral, magnesium dan kalium yang baik bagi kinerja tubuh. Perlu diketehui bahwa kurma dapat meningkatkan keabsahan lambung yang terlalu asam setelah 13-14 jam tidak makan dan minum. Ditambah lagi serat kurma yang baik untuk proses pencernaan.

Pisang
Pisang selain mengandung kalium, magnesium, karbohidrat, vitamin dan mineral, buah ini juga mengandung potasium yang berperan dalam aktifitas otot jantung dan metabolisme tubuh, dan sodium rendah untuk mengurangi risiko darah tinggi. Daging buah yang lembut berfungsi untuk melapisi dinding lambung dan usus serta menjadi lapisan anti radang.

Wortel
Buah lainnya yang termasuk buah yang sehat untuk berbuka puasa yaitu wortel, Jus wortel sangat baik diminum saat berbuka. Selain bermanfaat untuk menyehatkan mata juga dapat menyegarkan tubuh agar tetap berstamina.

Baiknya saat berpuasa hindari buah jeruk dan nanas, karena buah ini mengandung zat asam yang tidak baik untuk perut dan bisa berbahaya bagi penderita maag atau asam lambung tinggi. Dan ketika mengolah buah menjadi jus, sebaiknya tidak menambahkan gula. Lebih baik pilih buah yang memiliki rasa manis alami, seperti melon, anggur. Buah-buahan dengan kadar manis bisa menjadi pengganti kadar gula dalam tubuh, yang berkurang selama puasa. (infojajan.com)
Tag : Dapur Sehat
1 Komentar untuk "5 Buah yang Sehat untuk Berbuka Puasa"

Kurma yang paling sering dimakan saaat berbuka puasa..
Kemasan Makanan

Back To Top