Mengapa Wajah Memerah Saat Jatuh Cinta?

wajah-memerah-saat-jatuh-cinta
Banyak ditemui dalam kehidupan sehari-hari, orang yang sedang jatuh cinta dari ekspresi atau perubahan wajahnya. Wajah yang merona merah (blushing) merupakan perubahan wajah yang paling mudah dikenali dan bisa dijadikan tanda bahwa orang tersebut sedang jatuh cinta.

Seperti yang dilansir oleh eredicane.com, wajah yang memerah merupakan fungsi biologis yang normal yang hanya terjadi pada manusia. Wajah yang memerah ini bisa muncul pertama kali saat kita berusia tiga tahun. Wajah seseorang bisa dengan mudah memerah saat ia berada di usia remaja, apalagi saat sedang jatuh cinta.

Wajah yang memerah ini sebenarnya merupakan reaksi spontan dan tak bisa kita kontrol. Ketika otak kita merasakan situasi yang tegang atau penuh tekanan, maka insting tubuh kita akan langsung memberikan reaksinya. Pada umumnya, tak ada jawaban yang benar-benar bisa dijadikan alasan kenapa wajah kita bisa memerah saat sedang dalam keadaan tegang, gugup, atau tertekan. Namun, dari sisi psikologi, wajah memerah bisa terjadi karena mendapatkan perhatian publik yang sebenarnya tak diinginkan atau ada sesuatu yang membuat malu.

Dari sisi medis, wajah yang memerah itu terjadi karena ada aktivitas yang berlebih dari sistem syaraf simpatetik. Dan akhirnya membuat kelenjar atau organ kita bereaksi tanpa usaha sadar atau kontrol dari pembuluh darah yang ada di wajah. Bagi sebagian orang yang wajahnya sangat mudah memerah saat jatuh cinta atau gugup, hal tersebut karena syaraf mereka yang sangat sensitif terhadap tekanan emosi.

Ketika ada rangsangan seperti rasa tidak nyaman atau deg-degan, syaraf kita bisa membuat pembuluh darah kita terbuka lebar. Akibatnya, kulit kita akan dipenuhi dengan lebih banyak darah. Itulah mengapa wajah kita bisa terlihat memerah saat kita jatuh cinta, gugup, marah, atau merasa deg-degan terhadap situasi tertentu. Kita tak bisa menyembuhkan atau mengontrol wajah kita sendiri untuk tidak memerah pada saat-saat tertentu.
Tag : Relationship
0 Komentar untuk "Mengapa Wajah Memerah Saat Jatuh Cinta?"

Back To Top