Manfaat Membaca untuk Kesehatan Tubuh

manfaat-membaca-untuk-kesehatan
Tidak banyak orang yang suka membaca buku, dengan alasan kesibukan kebanyakan orang lebih menyukai menonton film, televisi atau bermain komputer. Padahal membaca tidak hanya memperkaya wawasan tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan.

Berikut ini beberapa manfaat membaca untuk kesehatan tubuh :

1. Menjaga keremajaan otak
Menurut studi terbaru dari Rush University Medical Center seperti yang dilansir majalah Prevention mengungkapkan bahwa orang dewasa yang menghabiskan waktu luang mereka dengan melakukan kegiatan kreatif atau intelektual (seperti membaca) memiliki kemungkinan 32 persen lebih lambat mengalami penurunan kognitif di kemudian hari daripada mereka yang tidak. Aktivitas yang melibatkan latihan otak membuat otak lebih efisien mengubah struktur untuk terus berfungsi dengan baik, terlepas dari hal-hal neuropatologi yang berkaitan dengan usia.

2. Meringankan stres dan depresi
Stres merupakan faktor risiko dari beberapa penyakit berbahaya. saat membaca buku fiksi, keindahan bahasa dalam tulisan dapat memiliki kemampuan untuk menenangkan dan mengurangi stres.

3. Menjauhkan risiko penyakit Alzheimer
Alzheimer merupakan penyakit mudah lupa pada seseorang terkait umur, dengan rajin membaca dapat langsung meningkatkan daya ikat otak. Ketika membaca, otak akan dirangsang dan stimulasi (rangsangan) secara teratur dapat membantu mencegah gangguan pada otak termasuk penyakit Alzheimer.

Penelitian telah menunjukkan bahwa latihan otak seperti membaca buku atau majalah, bermain teka-teki silang, catur, dan lain-lain dapat menunda atau mencegah kehilangan memori. Menurut para peneliti, kegiatan ini merangsang sel-sel otak dapat terhubung dan tumbuh

4. Meningkatkan konsentrasi
Orang yang suka membaca akan memiliki otak yang lebih konsentrasi dan fokus. Karena fokus ini, pembaca akan memiliki kemampuan untuk memiliki perhatian penuh dan praktis dalam kehidupan. Ini juga mengembangkan keterampilan objektivitas dan pengambilan keputusan.

5. Menghilangkan insomnia
Banyak ahli merekomendasikan melakukan beberapa aktivitas sebelum tidur untuk membantu menenangkan pikiran dan memberi isyarat tubuh anda untuk menutup mata. Nah, membaca dapat menjadi salah satu cara yang baik. Ini sebabnya menyediakan sebuah buku di sebelah tempat tidur akan jauh lebih baik jika dibandingkan dengan meletakkan laptop atau gadget lain.

6. Membangkitkan semangat positif
Sebuah kisah dengan akhir cerita yang bahagia memang dapat mengangkat semangat Anda, tetapi novel mungkin bisa membangkitkan semangat positif di dalam diri dengan cara yang lebih halus. Bahkan, momen-momen sederhana dalam cerita mungkin bisa menggali kenangan-kenangan hangat dalam hidup.

Jangan hanya membuang waktu dengan menonton televisi atau bermain game komputer, tetapi juga luangkan waktu untuk membaca buku, selain menambah wawasan tetapi juga memberi manfaat untuk kesehatan dan kehidupan.
0 Komentar untuk "Manfaat Membaca untuk Kesehatan Tubuh"

Back To Top