Cara Kerokan yang Benar

cara-kerokan-yang-benar
Banyak beredar anggapan di masyarakat mengenai kerokan. Ada yang menganggap berbahaya bagi kesehatan karena menekan saraf dan membuat kulit tipis. Ada pula yang menilai kerokan berguna untuk menyembuhkan penyakit, khususnya masuk angin dan pegal linu.

Beberapa ahli mengatakan kerokan aman asal tekniknya dilakukan dengan benar. Yaitu dilakukan di area punggung dari bagian tengah lalu menyamping ke kiri dan kanan. Dengan cara yang benar akan menstimulasi titik akupunktur dengan sempurna.

Titik akupunktur tersebut berhubungan dengan kerja organ tubuh untuk berbagai macam fungsi seperti pencernaan, pernapasan, dan kekebalan. Kerokan membuat pembuluh darah tepi yang awalnya sempit menjadi lebar, sehingga pengiriman oksigen dan nutrisi ke otot jadi lebih baik.

Namun proses kerokan jangan sampai menimbulkan luka atau lecet. Dengan demikian, kerokan harus memakai alat kerok yang tepinya tumpul, seperti mata uang logam, batu giok, dan sendok keramik, serta menggunakan minyak tertentu.

Kerokan bisa dilakukan pada punggung bagian atas, leher, dan bahu untuk gangguan nyeri, masuk angin, dan batuk. Pada punggung tengah untuk nyeri perut, nyeri punggung, dan diare. Sedangkan punggung bawah untuk gangguan pada tungkai, lutut, pergelangan kaki, telapak, dan gangguan menstruasi. Agar aman jangan melakukan kerokan di wajah, pada orang hamil, pasien perdarahan, kulit yang luka, dan kulit terkelupas. Setelah kerokan disarankan istirahat dan banyak minum air putih.
0 Komentar untuk "Cara Kerokan yang Benar "

Back To Top