9 Kebiasan yang Menyebabkan Pria Mandul

penyebab-mandul-pada-pria
Siapa yang ingin mandul? pasti tak satupun manusia yang sehat menginginkan hal tersebut. Mandul atau infertilitas merupakan momok yang menakutkan bagi pasangan yang telah menikah. Banyak faktor yang menjadi penyebab terganggunya proses pembentukan sperma hingga mengakibatkan kemandulan pada pria. Berikut ini beberapa kebiasaan sering dilakukan pria dalam kehidupan sehari-hari yang bisa menyebabkan kemandulan

1. Merokok 
Tingginya kadar nikotin dalam tubuh akibat merokok dapat merusak sperma serta mengurangi jumlahnya ( Baca : Sebelum Merokok Pikirkanlah Hal Ini!).

2. Obesitas atau kegemukan
Obesitas menyebabkan perubahan hormonal menjadi abnormal, hingga memicu timbulnya kemandulan.

3. Stres
Saat stres tubuh akan memproduksi kortisol. Para ahli meyakini bahwa dalam kondisi stres tubuh tidak dapat memproduksi sperma dengan kualitas terbaik sehingga lebih berisiko mengalami kemandulan (Baca : Hilangkan stres dengan rileksasi tubuh dan pikiran).

4. Laptop
Suhu tinggi pada laptop saat dipangku dapat menyebabkan testis menjadi panas. Ini dapat berakibat buruk dan merusak kualitas sperma.

5. Steroid
Merupakan hormon sintetis yang digunakan untuk meningkatkan massa otot secara instan. Selain dapat meningkatkan risiko terbentuknya tumor, penggunaan steroid juga dapat mengakibatkan kemandulan.

6. Berendam air panas
Berendam di air panas dapat meningkatkan suhu testis yang pada akhirnya dapat merusak sperma dan memicu kemandulan.

7. Radiasi ponsel
Kebiasaan menyelipkan ponsel di saku celana juga bisa mempengaruhi testis. Jika dilakukan terus-menerus, maka radiasi ponsel dapat memicu disfungsi ereksi dan ketidaksuburan pada pria.

8. Celana ketat
Pemakaian celana ketat membuat suhu di testis meningkat, dan berakibat jumlah produksi sperma menurun.

9. Konsumsi Minuman Beralkohol
Mengonsumsi minuman beralkohol dapat mengurangi produksi testosteron, yang akhirnya mengurangi jumlah sperma dan memicu kemandulan.

Untuk lebih bisa memastikan apakah seorang pria dipastikan mandul, baiknya melakukan tes kesehatan reproduksi atau konsultasi dengan dokter ahli reproduksi.
0 Komentar untuk "9 Kebiasan yang Menyebabkan Pria Mandul"

Back To Top