Manfaatnya Kerja Sambil Berdiri

manfaat-kerja-sambil-berdiri
Sejumlah penelitian di bidang kedokteran, menunjukkan bahwa duduk dapat meningkatkan risiko kematian, khususnya yang disebabkan sejumlah penyakit yang bisa timbul akibat terlalu banyak duduk seperti sakit jantung, diabetes, dan obesitas.(baca juga : Agar tak mati muda karena banyak duduk di kantor)

Orang-orang yang duduk hampir sepanjang hari punya risiko 54 persen lebih besar terkena serangan jantung. Duduk terlalu lama dapat menghambat sirkulasi enzim penyerap lemak bernama lipase. Untuk memperlancar sirkulasi enzim tersebut, kita bisa bekerja dengan berdiri. Berdiri juga bisa membuat tubuh Anda memproses lemak dan kolesterol dengan lebih baik.

Beberapa manfaat bekerja sambil berdiri, yaitu :

1. Membuat Anda merasa berenergi sepanjang hari.

Apakah Anda masih bergantung dengan kopi untuk membuat Anda tidak cepat mengantuk ketika bekerja? Bekerja sambil berdiri memungkinkan darah Anda tetap mengalir dengan baik dan lancar. Distribusi oksigen bisa lebih tersebar merata ke seluruh tubuh Anda dan Anda pun tidak mudah merasa mengantuk.

2. Bisa membantu Anda menurunkan berat badan Anda. 

Dalam satu jam, orang yang berdiri bisa membakar 60 kalori lebih banyak daripada orang yang duduk. Jika Anda bekerja lima hari dalam seminggu dan dalam sehari Anda berdiri selama 8 jam, maka kalori yang terbakar bisa mencapai 2.400 kalori per minggu. Jika selama ini obesitas selalu menghantui Anda karena selalu duduk berjam-jam untuk bekerja, dengan bekerja sambil berdiri Anda masih bisa mempertahankan berat tubuh Anda.

3. Bisa lebih mudah berkonsentrasi

Ketika berdiri, Anda akan merasa lebih terjaga. Bekerja pun bisa lebih mudah berkonsentrasi. Meskipun pada awalnya berdiri dalam waktu lebih dari satu jam akan membuat kaki pegal, tubuh Anda akan merasa lebih nyaman bekerja dengan berdiri.

Yang perlu diperhatikan juga kondisi tubuh Anda. Anda tidak harus berdiri seharian (sama seperti duduk seharian) untuk bekerja, jika capek berdiri silahkan duduk, jika capek duduk usahakan berdiri. Usahakan agar aliran darah di dalam tubuh Anda bisa mengalir lancar. Jika memungkinkan, Anda bisa mengubah meja kerja Anda dengan standing desk. Jadi, Anda bisa bekerja dengan komputer tanpa harus duduk berjam-jam.
1 Komentar untuk "Manfaatnya Kerja Sambil Berdiri"

pantes ane sulit konsentrasi yak.. kerjanya duduk terus :D

Back To Top