Buah yang Paling Tercemar Pestisida

buah-yang-paling-tercemar-pestisida
Sekarang ini pertanian modern banyak yang mengandalkan pestisida untuk membunuh hama. Hal ini tentunya membuat kita khawatir akan paparan pestisida pada sayur dan buah-buahan.

Setiap tahun, lembaga advokasi nirlaba Environmental Working Group yang berada di Amerika Serikat, merilis daftar buah dan sayuran yang paling terkontaminasi pestisida (Dirty Dozen). Buah dan sayuran itu diukur kadar pestisidanya, bahkan setelah dicuci. 

Buah apel selalu berada di urutan pertama sebagai buah yang paling terkontaminasi (Baca : Makna Kode Label pada Buah dan Sayuran). Dari contoh buah yang diteliti, ternyata 99 persennya mengandung setidaknya 1 jenis dari 5 jenis pestisida yang biasa dipakai dalam pertanian.

Berikut adalah daftar buah yang paling banyak mengandung residu pestisida.

1. Apel
2. Stroberi
3. Anggur
4. Seledri
5. Persik (buah peach)
6. Bayam
7. Paprika
8. Nectarin
9. Mentimun
10. Kentang
11. Tomat ceri
12. Cabai

Meski demikian, jangan takut untuk mengonsumsi buah dan sayur karena manfaat kesehatannya jauh lebih besar dari pada risiko paparan pestisida. Untuk lebih amannya memang Anda bisa memilih produk yang organik.

Ada banyak cara untuk mengurangi paparan pestisida, antara lain mencuci dan mengupasnya. Jika dana Anda tidak cukup untuk membeli produk organik, ada baiknya mengganti buah-buahan yang paling tercemar tersebut dengan buah lain.
Tag : Dapur Sehat
0 Komentar untuk "Buah yang Paling Tercemar Pestisida"

Back To Top