4 Macam Media Penularan Penyakit Infeksi

media-penularan-penyakit-infeksi
Penyakit infeksi merupakan penyakit yang disebabkan oleh sebuah agen biologi (seperti virus, bakteria atau parasit), bukan disebabkan faktor fisik (seperti luka bakar) atau kimia (seperti keracunan).

Penyakit ini menular dari satu orang ke orang lain dengan cara. Berikut ini media penularan penyakit infeksi

1. Media Langsung dari Orang ke Orang (Permukaan Kulit)

Jenis Penyakit yang ditularkan antara lain: penyakit kelamin, rabies, trakoma, skabies, erisipelas, antraks, das-gangren, infeksi luka aerobik, penyakit pada kaki dan mulut. 

Pada penyakit kelamin seperti GO, sifiis, dan HIV, agen penyakit ditularkan langsung dan seorang yang infeksius ke orang lain melalui hubungan intim.

2. Melalui Media Udara Penyakit

Penyakit yang dapat ditularkan dan menyebar secara langsung maupun tidak langsung melalui udara pernapasan disebut sebagai air borne disease. Jenis Penyakit yang ditularkan antara lain: TBC Paru, varicella, difteri, influenza, variola, morbili g, meningitis, demam skarlet, mumps, rubella, pertussis Cara pencegahan penularan penyakit antara lain memakai masker, menjauhi kontak serta mengobati penderita TBC yang sputum BTA-nya positif. 

3. Melalui Media Air 

Penyakit dapat menular dan menyebar secara langsung maupun tidak langsung melalui air. Penyakit-penyakit yang ditularkan melalui air disebut sebagai water borne disease atau water related disease. 
Penyakit yang berhubungan dengan air, dapat dibagi dalam empat kelompok menurut cara penularannya:

a. Water borne mechanisme Kuman patogen yang berada dalam air dapat menyebabkan penyakit pada manusia, ditularkan melalui mulut atau sistem pencernaan. Contoh: kolera, tifoid, hepatitis virus, disentri basiler dan poliomielitis.
b. Water washed mechanisme jenis penyakit water washed mechanism yang berkaitan dengan kebersihan individu dan umum dapat berupa: 
  • Infeksi melalui alat pencernaan, seperti diare pada anak-anak. nfeksi melalui kulit dan mata, seperti skabies dan trakoma. c. Penyakit melalui gigitan binatang pengerat, seperti Ieptospirosis.
  • Water based mechanisme jenis penyakit dengan agen penyakit yang menjalani sebagian siklus hidupnya di dalam tubuh vektor atau sebagai pejamu intermediate yang hidup di dalam air. Contoh: skistosomiasis, Dracunculus medinensis.

c..Water related insect vector mechanisme Jenis penyakit yang ditularkan melalui gigitan serangga yang berkembang biak di dalam air. Contoh: filariasis, dengue, malaria, demam kuning (yellow fever).

4. Melalui Media Vektor

Penyakit Artbropod-borne diseases atau sering juga disebut sebagai vector-borne diseases merupakan penyakit penting yang seringkali bersifat endemis maupun epidemis dan sering menimbulkan bahaya kematian. Contohnya Dengue (DBD), malaria, kaki gajah, Chikungunya.

Semoga ulasan mengenai media penularan penyakit infeksi diatas membuat anda semakin menjaga kebersihan dan kesehatan.(wikipedia)
0 Komentar untuk "4 Macam Media Penularan Penyakit Infeksi"

Back To Top