Tips Perawatan Mata untuk Pengguna Kacamata

tips-perawatan-mata
Mata merupakan salah satu organ tubuh yang seringkali diabaikan kesehatannya. Orang baru merasa bahwa kesehatan mata sangat penting ketika mengalami sakit mata, rabun jauh, rabun dekat, atau silinder.

Pada saat telah menggunakan lensa kontak atau kacamatapun, seringkali banyak orang yang masih mengabaikan perawatan mata. Jika Anda termasuk orang yang menggunakan kacamata, berikut beberapa tips untuk tetap menjaga kesehatan mata :


  1. Jangan membaca sambil tiduran.
  2. Jaga jarak antara mata dengan buku bacaan minimal 30 cm, jangan terlalu dekat ketika membaca.
  3. Saat membaca, jangan terlalu lama, cobalah untuk beristirahat sekitar lima sampai 10 menit. Ini untuk menghindari mata lelah dan membuat mata lebih santai. Cobalah untuk melihat obyek di kejauhan, yang berjarak sekitar enam meter.
  4. Jangan dekatkan objek yang runcing pada mata. Jika ada hal yang tak diinginkan terjadi, meski tak disengaja, bisa menyebabkan luka yang tak bisa disembuhkan.
  5. Gunakan kacamata pelindung ketika menggunakan bahan-bahan kimia. Jangan mendekatkannya dengan mata.
  6. Jangan membaca di ruangan berlampu redup karena akan membuat mata cepat lelah dan perlahan bisa merusak kesehatan mata.
  7. Jangan membaca ketika bergerak ataupun dalam kendaraan yang bergerak. Ini akan menyebabkan mabuk darat dan pusing.
  8. Jangan terlalu dekat ketika menonton televisi. Paling tidak jaga jarak antara 1,8 sampai tiga meter.
  9. Ketika bekerja menggunakan komputer, gunakan kacamata yang dilapisi anti-refleksi untuk menghindari refleksi cahaya dari monitor dan menghindari kerusakan mata.
  10. Kontrol tekanan darah dan tingkat kolesterol karena juga berpengaruh terhadap kesehatan mata.
  11. Konsumsi banyak sayuran hijau yang mengandung karotenoid. Karotenoid sangat baik untuk kesehatan mata.
  12. Periksa mata setidaknya sekali setahun. Ini adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan mata dan untuk memeriksakan adanya perubahan pada kacamata.
Tips perawatan mata diatas sebaiknya dilakukan untuk merawat mata Anda jika menggunakan kacamata, namun juga bisa diterapkan bagi Anda yang masih memiliki mata normal.
Tag : Tips Sehat
0 Komentar untuk "Tips Perawatan Mata untuk Pengguna Kacamata"

Back To Top