Pernikahan tak bahagia bisa tingkatkan resiko penyakit jantung

Semua orang tentu menginginkan pernikahan yang bahagia. Ternyat pernikahan yang tak bahagia tak cuma membuat stres, tetapi juga bisa menyebabkan resiko penyakit jantung.


Penelitian terbaru di Amerika Serikat mengungkap bahwa pernikahan yang tak bahagia bisa menyebabkan stres yang pada akhirnya juga berpengaruh terhadap kesehatan fisik. Mereka percaya bahwa orang yang tak bahagia dengan pasangan mereka memiliki risiko depresi, tekanan darah tinggi, dan bahkan penyakit jantung.

Penelitian ini menunjukkan kaitan antara kesehatan jantung dengan pernikahan seperti yang diungkap Dr Hui Liu, ketua peneliti, seperti dilansir oleh Daily Mail (28/02). Dr Liu menjelaskan bahwa pernikahan merupakan hubungan sosial antarmanusia yang paling berpengaruh terhadap kesehatan. Dia percaya bahwa pernikahan yang bahagia akan meningkatkan kesehatan fisik seseorang. Sementara itu, sebaliknya pernikahan tak bahagia akan menyebabkan rasa stres dan mempengaruhi kesehatan seseorang, terutama kesehatan jantung.

Hal ini terutama juga bisa dipengaruhi oleh kebiasaan hidup pasangan yang buruk, seperti merokok dan minum alkohol yang bisa meningkatkan produksi hormon stres. Hormon stres pada akhirnya akan meningkatkan tekanan darah dan detak jantung seseorang yang bisa meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung.

Peneliti berharap hasil penelitian ini bisa memberi informasi bagi banyak orang dan bisa membuat mereka lebih waspada. Pasangan yang merasa pernikahannya tak bahagia sebaiknya mulai mencari bimbingan konseling pernikahan atau menyelesaikan masalah di antara mereka, sebelum masalah pernikahan tersebut merembet pada masalah fisik dan memicu penyakit jantung.

sumber : merdeka.com
Tag : Relationship
0 Komentar untuk "Pernikahan tak bahagia bisa tingkatkan resiko penyakit jantung"

Back To Top