Manfaat Lidah Buaya untuk Pengobatan

manfaat-lidah-buaya-untuk-pengobatan
Lidah buaya (Aleo vera linn) sudah lama dikenal sebagai bahan penting dalam pengobatan berkat gel dan lateks yang dihasilkan tanaman berdaun tebal tersebut. Gel adalah substansi bening berlendir yang diperoleh saat memecah atau memotong tanaman. Sedangkan lateks yang berwarna kuning berasal dari lapisan tepat di bawah kulit daun.

Manfaat lidah buaya untuk pengobatan diantaranya yaitu :

Luka bakar
Penggunaan krim lidah buaya membantu mengobati luka akibat terbakar. Riset pada 2009 menemukan 30 pasien dengan luka bakar tingkat dua yang menggunakan krim lidah buaya, sembuh dengan sedikit bekas dalam waktu kurang dari 16 hari. Studi ini dipublikasikan dalam The New York Times.

Kolesterol tinggi dan hiperlipidemia
Menurut National Institutes of Health, konsumsi 10-20 mililiter lidah buaya setiap hari bisa menurunkan kadar kolesterol sekitar 15 persen. Kadar low-density lipoprotein (LDL) juga menurun sekitar 18 persen. Penurunan juga terjadi pada kadar trigliserida sekitar 25-30 persen, pada penderita hiperlipidemia.

Sariawan
Riset Mayo Clinic membuktikan, mengoleskan gel lidah buaya membantu penyembuhan sariawan dan membantu mengurangi rasa sakit.

Diabetes
National Institute of Health melaporkan, manfaat lidah buaya untuk pengobatan lainnya yaitu mampu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Dua riset menunjukkan, konsumsi gel lidah buaya bisa menurunkan level gula darah pada wanita dengan diabetes tipe 2. Namun hasil yang sama tidak diperoleh studi lainnya.

Pencernaan
Jus lidah buaya diakui menjadi minuman kesehatan sejak 2013. Lidah buaya mengandung vitamin A, C, E, B1, B2, B3, B6, dan asam folat. Lidah buaya juga termasuk dalam sedikit tanaman dengan B12, yang membantu kerja otak dan sistem saraf. Selain itu, lidah buaya membantu melancarkan pencernaan.
Tag : Dapur Sehat
0 Komentar untuk "Manfaat Lidah Buaya untuk Pengobatan"

Back To Top