Kenapa Pria Lebih Berkesan Muda Dibanding Wanita saat berusia 40 tahun?

Saat usia telah mencapai di atas empat puluh, pria akan terlihat tetap gagah dan muda sementara wajah wanita mulai dihinggapi tanda-tanda penuaan. Keadaan di mana pria dapat terlihat muda lebih lama tak pelak menimbulkan tanda tanya, mengapa pria tua kerap terlihat lebih muda dari pada wanita?


1. Berkulit Tebal

Banyak sekali faktor yang memengaruhi ketebalan kulit seseorang, namun kulit pria pada umumnya memang 25 persen lebih tebal dibanding wanita.
Meski demikian, perbedaan lain adalah kulit pria akan berangsur menipis seiring dengan usianya, sementara ketebalan kulit wanita akan bertahan hingga ia menopause. Setelah memasuki masa menopause, baru kulit wanita akan menipis secara cepat.

2. Tetap Muda

Ketebalan kulit pada pria ini diakibatkan produksi kolagen pada pria yang jauh lebih tinggi dibanding wanita. Kolagen memang berfungsi untuk mencegah tanda-tanda penuaan seperti keriput atau bintik hitam di wajah. Produksi kolagen yang lebih sedikit pada wanita menyebabkan mereka cenderung terlihat berumur lebih cepat.

3. Otak dan Otot

Rata-rata pria memiliki otot 50 persen lebih banyak dibanding wanita, diikuti dengan 50 persen lemak yang lebih sedikit dibanding wanita di dalam tubuhnya. Hal ini pun membuat tubuh pria bisa terlihat tetap tegap meski sudah berusia lanjut.
Apalagi, rata-rata pria pun memiliki otak 10 persen lebih besar dibanding wanita karena ia membutuhkan neuron yang lebih banyak untuk mengontrol bentuk tubuhnya yang tegap tersebut.(tribunnews)
Tag : Ragam
0 Komentar untuk "Kenapa Pria Lebih Berkesan Muda Dibanding Wanita saat berusia 40 tahun?"

Back To Top