Kenali gejala-gejala awal penyakit kanker darah

Kanker darah merupakan penyakit berbahaya yang bisa mengakibatkan kematian. Sel-sel kanker akan merusak sistem peredaran darah di dalam tubuh, mempengaruhi produksi darah, sirkulasi darah dan pemurnian darah.
Kanker darah sendiri dibagi menjadi beberapa jenis, seperti dilansir Boldsky.com:

1. Kanker darah Leukimia
Adalah jenis kanker darah di mana pembentukan sel darah merah berkurang

2. Kanker darah Limfoma
Adalah kanker darah di mana pembentukan sel darah putih berkurang
 
3. Kanker darah Myeloma
Adalah kanker darah di mana pembentukan plasma terhambat oleh sel-sel kanker.

Karena kanker darah merupakan penyakit yang sangat berbahaya, beberapa gejala-gejala awal agar bisa segera dicegah dan diobati.

Lemah dan sering lelah

Kelelahan dan tubuh yang lemah adalah salah satu gejala kanker darah. Sebenarnya hal ini bisa disebabkan oleh komplikasi kesehatan lainnya, tetapi bila hal ini terlalu sering terjadi, maka sebaiknya Anda melakukan check darah untuk mendeteksi kanker secara dini.

Penurunan berat badan drastis

Gejala awal kanker darah adalah ketika tiba-tiba ada penurunan berat badan yang drastis. Penurunan berat badan ini bisa terjadi karena penyakit lain, tetapi apabila Anda kehilangan nafsu makan dan penurunan berat badan yang Anda alami mencurigakan, sebaiknya segera hubungi dokter.

Laporan darah yang abnormal

Jika ada laporan sel darah yang jumlahnya abnormal, baik sel darah merah atau sel darah putih, maka sebaiknya Anda segera kunjungi onkologi. Laporan jumlah abnormal darah tak boleh diabaikan karena merupakan gejala awal dari kanker darah yang harus ditanggapi dengan serius.

Pembengkakan kelenjar getah bening

Tanda awal kanker darah termasuk pembengkakan kelenjar getah bening disertai dengan demam, lemas, mual, dan nafsu makan hilang. Pembengkakan kelenjar getah bening tidak mudah terdeteksi, namun gejala tersebut disertai pembengkakan lainnya yang harus ditanggapi serius.

Infeksi

Gejala awal kanker darah adalah tubuh rentan terkena infeksi, di mana sistem immune tubuh akan menurun sehingga penyakit mudah menginfeksi.

Jangan abaikan setiap gejala kecil yang Anda curigai. Pastikan untuk mengeceknya pada dokter terlebih dahulu agar meyakinkan bahwa Anda bebas dari kanker darah.(Vemale.com)
Tag : Info Sehat
0 Komentar untuk "Kenali gejala-gejala awal penyakit kanker darah"

Back To Top