4 Cara untuk Meredam Cemburu

Cemburu kembali menjadi salah satu motif tindakan sadis dan brutal. Sudah beberapa banyak korban akibat dari rasa cemburu yang berujung pada kematian. Kecemburuan sendiri sangat berbahaya. Jika tidak diatasi dengan baik, sebelum telanjur berujung pada hal negatif, cara berikut bisa membantu Anda meredam kecemburuan dan sakit hati.


1. Menerima dan mengamati penyebab cemburu

Ketika Anda sadar bahwa Anda merasa cemburu, luangkanlah waktu Anda sebentar. Bernapaslah pelan-pelan lalu berpikir mengenai segala hal yang membuat Anda merasa cemburu. 

Anda harus tahu bahwa cemburu adalah sebuah perasaan “tidak aman” yang tak nyata. Anda mungkin berpikir bahwa pasangan Anda sedang tertarik dengan orang lain, tetapi itu tidak selalu berarti demikian di kenyataan. Cobalah untuk berpikir dan melihat dari sudut pandang berbeda.

2. Jangan ikuti perasaan cemburu

Memang, kemarahan dan kecemasan mungkin dapat meningkat ketika Anda mencoba menggali dan mengaitkan hal-hal yang membuat Anda cemburu di masa lalu. Namun, terimalah bahwa Anda juga memiliki emosi yang mengakibatkan rasa cemburu muncul.

Di sini, Anda tidak perlu menyingkirkan perasaan itu.  Anda hanya perlu waktu sebentar untuk mengambil napas dan berpikir logis bahwa semua yang Anda rasakan itu tidak tepat.

3. Ketidakpastian adalah bagian dari setiap hubungan

Seperti banyak kekhawatiran, rasa cemburu mencari kepastian. Anda ingin tahu pasti bahwa pasangan Anda tidak tertarik kepada orang lain, atau Anda ingin tahu pasti bahwa hubungan Anda tidak akan berakhir.

Ironisnya, beberapa orang akan memicu konflik untuk mendapatkan kepastian. Di sini Anda harus tahu bahwa kepastian adalah bagian dari kehidupan. Belajarlah untuk menerima itu. Anda memang tidak pernah bisa tahu pasti bahwa pasangan Anda tidak akan mengabaikan Anda. Namun jika Anda menuduh, bahkan memulai konflik, hal yang Anda takutkan bisa jadi akan terjadi.

4. Pahami bagaimana cara Anda memandang sebuah hubungan

Kecemburuan Anda mungkin didorong oleh ekspektasi yang tidak realistis tentang hubungan . Kadang, hal itu dipengaruhi oleh pengalaman masa kecil atau pengalaman Anda saat bersama mantan Anda di masa lalu.

Beberapa orang cenderung menggambarkan dirinya sendiri ketika ditanya mengenai sosok apa yang pantas sebagai pasangan ideal mereka. Setiap orang tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Mencita-citakan sebuah hubungan ideal memang baik, tapi ekspektasi yang terlalu berlebih bisa membuat Anda cenderung tidak logis dan bisa membuat celaka.(Intisari)












Tag : Relationship
1 Komentar untuk "4 Cara untuk Meredam Cemburu"

Wooow mantap gan....

Back To Top