Mengenal Perbedaan HDL, LDL, & Trigliserida

Kolesterol adalah senyawa lemak berlilin yang sebagian besar diproduksi tubuh di dalam liver dari makanan berlemak yang kita makan. Kolesterol diperlukan tubuh untuk membuat selaput sel, membungkus serabut saraf, membuat berbagai hormon dan asam tubuh.

Kolesterol tidak dapat diedarkan langsung oleh darah karena tidak larut dalam air. Untuk mengedarkannya, diperlukan molekul “pengangkut” yang disebut lipoprotein. Ada dua jenis lipoprotein, yaitu high density lippoprotein (HDL) dan low density lippoprotein(LDL).

Kadar Kolesterol Total,kurang dari 200 : Normal, 200-239 : batas normal- tinggi,lebih dari 240 : tinggi


Kolesterol LDL (Kolesterol Jahat)


Kadar LDL (kolesterol jahat) yang terlalu tinggi di dalam darah, perlahan-lahan dapat menyebabkan penyumbatan arteri yang mengarah pada jantung dan otak. LDL membentuk plak, atau dinding yang dapat mempersempit arteri dan membuatnya kurang fleksibel. Kondisi ini dikenal sebagai aterosklerosis. Jika arteri menyempit, serangan jantung atau stroke dapat terjadi.


Kadar LDL (“Kolesterol Jahat”), kurang dari 100 : optimal, 100-129 : mendekati optimal, 130-159 : batas normal tertinggi, 160-189 : tinggi, lebih dari 190 : sangat tinggi.


Kolesterol HDL (Kolesterol Baik)


Kolesterol HDL dikenal sebagai kolesterol “baik”, karena tingkat HDL yang tinggi mampu melindungi terhadap serangan jantung. Sekitar seperempat hingga sepertiga kolesterol darah terdiri atas high-density lipoprotein (HDL).Rendahnya tingkat HDL (kurang dari 40 mg/dL) dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. HDL cenderung membawa kolesterol jahat dari arteri kembali ke hati.


Kadar HDL (“Kolesterol Baik”), kurang dari 50 (wanita)/ 40 (pria) : normal, lebih dari 60 : tinggi


Trigliserida


Trigliserida adalah lemak yang dibuat dalam tubuh. Peningkatan trigliserida disebabkan oleh kelebihan berat badan/obesitas, kurang olahraga, merokok, konsumsi alkohol berlebihan dan diet yang sangat tinggi karbohidrat. Orang dengan trigliserida tinggi seringkali memiliki tingkat kolesterol total yang juga tinggi, termasuk tingkat LDL (jahat) tinggi dan HDL (baik) rendah. Banyak orang dengan penyakit jantung dan/atau diabetes juga memiliki kadar trigliserida yang tinggi.

Kadar Trigliserida, kurang dari 150 : normal, 150-199 : batas normal- tinggi, 200-499 : tinggi, sama atau lebih dari 500 : sangat tinggi.
Tag : Info Sehat
0 Komentar untuk "Mengenal Perbedaan HDL, LDL, & Trigliserida"

Back To Top