Mengenal Bahaya Virus Rubella

bahaya-virus-rubella
Tahukah anda mengenai Rubella? Mungkin nama ini masih terdengar asing di telinga kita. Tetapi, bahaya virus Rubella patut diwaspadai karena virus yang biasanya ditularkan melalui cairan tubuh ini dapat menyebabkan cacat bawaan pada janin.


Dilansir dari chealth.canoe.ca, rubella biasanya dikenal dengan istilah campak Jerman. Campak ini terjadi selama 3 hari berturut-turut yang menyerang kulit dan kelenjar getah bening. Penyakit ini dapat ditularkan melalui aliran darah wanita yang sedang hamil kepada janin yang dikandungan. Saat ini, sebagian besar infeksi virus rubella terjadi para pria-wanita dewasa usia muda dan bukan pada anak-anak.

Pada orang dewasa, gejala awal penyakit ini ringan bahkan sama sekali tidak timbul. Ruam (kemerahan pada kulit) awalnya akan muncul di wajah dan leher lain akan menyebar ke seluruh badan dan berlangsung selama 3 hari. Pada langit-langit mulut akan muncul bintik kemerahan. Jika daya tahan tubuh kuat, virus ini akan mati. Sebaliknya, jika daya tahan tubuh lemah, virus ini akan bertahan dalam tubuh.

Virus Rubella yang menyerang ibu hamil akan berakibat fatal pada pertumbuhan dan kehidupan janin karena dapat mengancam kelainan jantung, kehilangan pendengaran ketika dilahirkan, retardasi mental, kelainan pada bentuk dan fungsi mata, katarak, hidrosefalus dan masih banyak lagi. Disarankan bagi calon pengantin yang mau menikah sebaiknya lakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh, dan bagi perempuan yang sedang merencanakan kehamilan untuk mendeteksi lebih dahulu ada tidaknya virus ini dalam tubuh. Caranya adalah dengan melakukan serangkaian tes yang disebut tes TORCH.

Antisipasi bahaya virus rubella ini adalah cara terbaik yaitu dengan selalu menjaga kesehatan diri dan rajin melakukan medical check-up.

Update :
8 Pemeriksaan Laboratorium yang Penting Selama Kehamilan
0 Komentar untuk "Mengenal Bahaya Virus Rubella"

Back To Top