Setiap 6 Detik, 1 Orang Meninggal Akibat Diabetes

Pencegahan diabetes di dunia tak kunjung menemukan titik terang. Justru, prevalensi masyarakat yang terkena diabetes serta angka kematian akibat diabetes mengalami kenaikan.


Saat ini, di dunia, ada 382 juta penderita diabetes dengan angka kematian mencapai 5,1 juta orang. Artinya, setiap enam detik, ada satu penderita diabetes yang meninggal. Faktanya, kasus diabetes di dunia memang belum kunjung membaik.

Tahun 2013, posisi Indonesia ada di nomor tujuh dengan jumlah penderita sebanyak 8,5 juta orang. Di posisi teratas, ada Cina (98,4 juta jiwa), India (65,1 juta jiwa), dan Amerika (24,4 juta jiwa). Ada tren menarik tentang peningkatan jumlah penderita diabetes di negara berkembang seperti Indonesia. Pola hidup ternyata mempengaruhi berdampak banyaknya jumlah penderita baru, khususnya diabetes tipe 2.

Sayang, ternyata akses layanan kesehatan bagi pengidap diabetes di Indonesia masih minim. Tercatat, dari total jumlah pengidap yang tercatat, baru 46 persen yang sudah didiagnosis, sedangkan 44 persen menerima perawatan, dan kurang dari 1 persen mendapatkan terapi yang sesuai. Masalah serupa tak hanya milik Indonesia, tapi juga terjadi pada penderita di negara berkembang.

Ada empat hambatan utama dalam menangani diabetes. Pertama, rendahanya pengetahuan pencegahan dan pengobatan diabetes. Kedua, ketidakmerataan penyediaan dan kebutuhan kesehatan. Ketiga, terbatasnya sumber daya sistem kesehatan publik. Keempat, terbatasnya jumlah pasien yang mendapat pengobatan diabetes.Oleh karena itu masyarakat harus paham gejalanya. Di Indonesia persoalannya adalah diagnosa, masih banyak potensi diabetes tapi tidak sadar bahwa mereka mengidapnya.
0 Komentar untuk "Setiap 6 Detik, 1 Orang Meninggal Akibat Diabetes"

Back To Top