Selain Serangan Jantung, LDL Juga Sebabkan Alzheimer

LDL-sebabkan-Alzheimer
Low Density Lipoprotein (LDL) dikenal sebagai kolesterol jahat yang dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan serangan jantung. Ternyata kolesterol jenis tersebut tidak hanya menyebabkan serangan jantung saja. Penelitian terbaru mengungkap bahwa LDL juga berkorelasi dengan penyakit Alzheimer.

Sebuah studi di Amerika menemukan bahwa LDL berhubungan dengan adanya protein peptida amiloid pada otak. Protein itu biasanya ditemukan menempel pada sel otak pasien Alzheimer dan mempengaruhi ingatan, suasana hati, serta kebiasaan. Dengan demikian, terungkap jelas mengapa meningkatnya kadar kolesterol jahat juga mengakibatkan meningkatnya risiko Alzheimer. 

Para peneliti juga menemukan bagaimana dampak tingginya kolesterol pada otak, baik itu kolesterol baik maupun kolesterol jahat. Tingginya kadar kolesterol jahat (LDL) memicu menyempitnya arteri dan serangan jantung, sedangkan kolesterol baik (HDL) justru melindungi (Baca : Jenis Lemak Dalam Tubuh). Seperti pada jantung, kedua jenis kolesterol tersebut juga memiliki efek yang sama pada otak. Demikian yang diungkap oleh penelitian terbaru di Amerika dan dikutip dari Daily Mail.

Pimpinan penelitian, Bruce Reed dari Universitas California mengungkapkan bahwa kadar kolesterol yang tidak sehat dapat secara langsung menyebabkan tingginya kadar amiloid, yang diketahui menyebabkan Alzheimer. Dengan cara yang sama, pola itu juga menyebabkan serangan jantung.
Tim Reed telah meneliti 74 lansia yang berusia di atas 70 tahun. Otak mereka lantas dipindai menggunakan bahan kimia yang dapat mengikat plak amiloid sehingga hasilnya bisa dituangkan pada gambar. Berdasar penelitian, baik tingginya kadar LDL maupun rendahnya kadar HDL berhubungan dengan bertambahnya amiloid pada otak. Penemuan itu kemudian dipublikasikan pada jurnal JAMA Neurology.

Pasien Alzheimer dapat diberi terapi kolesterol tanpa perlu khawatir terapi itu akan memperburuk kesehatan jantung mereka. Pasalnya kolesterol yang baik untuk jantung juga baik untuk otak, dan kolesterol yang buruk untuk jantung juga buruk untuk otak.

Hasil penelitian ini merupakan peringatan bagi mereka yang memiliki keseimbangan kolesterol buruk. Dengan kata lain, orang yang memiliki kadar LDL tinggi dan HDL rendah berisiko terkena serangan jantung maupun Alzheimer.

Agar tidak terkena Alzheimer, sangat penting untuk menjaga kesehatan otak. Caranya sama dengan cara menjaga kesehatan tubuh pada umumnya yakni dengan pola makan seimbang, menjaga berat ideal, tidak merokok, olahraga secara rutin, dan mengecek tekanan darah juga kolesterol.

Update :
Mengenal Perbedaan HDL, LDL, & Trigliserida
Menurunkan Kolesterol Secara Alami dengan Strawberry
Kolesterol, Merugikan bila Berlebihan


Tag : Info Sehat
0 Komentar untuk "Selain Serangan Jantung, LDL Juga Sebabkan Alzheimer"

Back To Top