Rombongan Penyakit yang Menyerang Saat Banjir

penyakit-saat-banjir
Musim penghujan dengan curah tinggi menyebabkan beberapa daerah di Indonesia dilanda banjir. Akibat banjir ini membuat tidak sedikit orang memilih tinggal di pengungsian, untuk itu perlu waspadai beberapa penyakit yang bisa menyerangi saat banjir, diantaranya :



Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang disebut leptospira dan termasuk salah satu penyakit zoonosis, karena ditularkan melalui hewan. Di Indonesia hewan penular terutama yaitu tikus, kotoran dan air seninya mengandung bakteri lepstopira.

Untuk mencegahnya sebaiknya menghindari genangan air banjir, walaupun itu sulit. Kalaupun harus masuk ke genangan air banjir sebaiknya menggunakan sepatu boots tinggi agar tidak ada kontak langsung, dan segera cuci kaki dengan air bersih. Kalau ada keluhan demam sampai tubuh berwarna kuning segera berobat.

2. Diare

Fasilitas dan sarana kebersihan di pengungsian serba terbatas termasuk ketersediaan air bersih. Hal itu potensial menimbulkan penyakit diare disertai penularan yang cepat. Selain itu juga diare timbul karena makanan yang tidak sehat. 

3. Infeksi Saluran Cerna atau Demam tifoid

Penyakit yang menyerangi saat banjir salah satunya infeksi saluran cerna. Faktor kebersihan makanan memegang peranan penting untuk penyakit ini, selalu menjaga kebersihan dengan mencuci tangan menggunakan sabun.

4. Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)

Penyakit ini disebabkan oleh menurunnya daya tahan tubuh, di pengungsian ada kemungkinan mudahnya penularan penyakit ini. Untuk mencegah hal ini terjadi, jaga daya tahan tubuh agar tidak menurun dengan mengonsumsi makanan yang bersih dan gizi seimbang.

5. Demam Berdarah Dengue

Penyakit yang menyerang saat banjir yang berbahaya adalah demam berdarah. Genangan banjir mempermudah nyamuk untuk berkembang biak, saat di pengungsian sebaiknya menghindari tempat yang ada genangan airnya. Selain itu juga selalu melakukan upaya pemberantasan nyamuk aedes aegypti.

6. Penyakit Kronik Semakin Buruk

Hati-hati saat banjir, biasanya karena sibuk dengan membersihkan banjir, beberapa orang yang menderita penyakit kronik seperti hipertensi dan diabetes melitus jadi lupa mengonsumsi obatnya. Untuk penderita penyakit kronik yang sudah menahun jangan sampai lupa untuk tetap minum obat sehingga penyakit tidak kambuh.

Tetap jaga kesehatan dan kebersihana adalah hal yang utama untuk menghindari rombongan penyakit yang menyerang saat banjir


Tag : Info Sehat
0 Komentar untuk "Rombongan Penyakit yang Menyerang Saat Banjir"

Back To Top