Mengenal Penyakit Kista Ovarium

penyakit-kista-ovarium
Kista ovarium sebenarnya merupakan kantung yang berisi cairan yang berkembang di dalam ovarium. Penyakit ini muncul dengan kondisi mirip seperti lepuhan kulit dan biasa terjadi pada masa reproduksi wanita. Kista ini biasanya tumbuh pada sisi rahim. 

Jenis penyakit ini tidak terlalu membahayakan. Bahkan penyakit ini bisa hilang dengan sendirinya meski tanpa pengobatan apapun. Akan tetapi pada kasus tertentu, kista ovarium bisa memberi dampak yang cukup serius seperti nyeri haid, pendarahan bahkan kanker endometrium.

Penyebab Kista Ovarium

Struktur kista yang disebut folikel tumbuh di dalam rahim. Saat telur matang, folikel ini akan pecah dan dilepaskan pada saat ovulasi. Akan tetapi jika folikel gagal pecah dan melepaskan telur, cairan yang ada akan tetap bertahan sehingga membentuk kista kecil. Hal ini termasuk normal terjadi,  dan dapat hilang dengan sendirinya. Sedangkan untuk kista ovarium abnormal bisa muncul karena ketidakseimbangan hormon wanita yaitu hormon estrogen dan progesteron.

Beberapa hal yang menyebabkan berkembangnya kista ovarium diantaranya adalah riwayat kista ovarium yang terdahulu, siklus haid yang tidak teratur, perut buncit, menderita hipotiroid, menderita kanker payudara yang sebelumnya juga pernah menjalani kemoterapi dan menstruasi pada usia dini.

Beberapa jenis kista ovarium yaitu kista fungsional, kista dermoid, kista endrometioma, kista denoma, polycystic ovarian disease, dan polycystic ovarian syndrome (PCOS). Untuk kista fungsional, kondisi ini termasuk masih normal. Akan tetapi untuk jenis kista yang lain seperti kista dermoid, kista endrometioma, kista denoma, polycystic ovarian disease dan polycystic ovarian syndrome (PCOS), kista ini bisa berbahaya.

Gejala Kista Ovarium

Gejala kista ovarium hampir tidak pernah menunjukkan gejala-gejala yang kasat mata. Namun saat kista tersebut muncul, penderita akan merasakan nyeri atau ada tekanan pada bagian perut. Rasa nyeri ini tergantung pada beberapa hal seperti ukuran kista ataupun pecahnya cairan pada kista yang menyebabkan jaringan perut mengalami iritasi.

Beberapa gejala lain yang menjadi tanda munculnya kista ovarium adalah siklus haid yang tidak teratur ataupun periode haid yang terasa sangat menyakitkan. Selain itu, gejala kista ovarium juga bisa disebabkan oleh kram perut bagian bawah atau rasa nyeri pada pinggul, nyeri pada panggul setelah melakukan olahraga intensif atau setelah bersenggama, mual, muntah dan keluarnya flek darah dari vagina. Gejala-gejala tersebut merupakan tanda bahwa ada yang sedang tidak beres dengan tubuh anda terutama pada ovarium anda. Untuk itu jika mengalami masalah seperti di atas sebaiknya anda segera menghubungi dokter untuk memperoleh diagnosa yang lebih tepat.

0 Komentar untuk "Mengenal Penyakit Kista Ovarium"

Back To Top