Kandungan dan Manfaat Buah Rambutan

manfaat-buah-rambutan
Rambutan yang memiliki nama latin Nephelium lappaceum merupakan salah satu buah eksotis asli Indonesia. Buah ini sering dikonsumsi karena memiliki sifat manis dan kaya akan kandungan air. 

Buah yang berkerabat dekat dengan leci ini memiliki daging yang berair dan berwarna putih. Rapiah, lebak, dan binjai adalah jenis rambutan yang cukup sering kita jumpai di pasaran. Berikut adalah kandungan dan manfaat penting dari buah rambutan, seperti dilansir naturecure.ygoy.com.


Setiap 100 gram rambutan mengandung 84 kalori. Jika Anda mengikuti program diet 2.000 kalori, rambutan telah menyumbangkan 4,2 persen kalori harian yang Anda butuhkan. Jumlah kalor yang dibutuhkan oleh tubuh bervariasi karena tergantung pada berat badan, gaya hidup, jenis kelamin, dan usia.

Makronutrien

Rambutan dikenal sebagai buah yang sangat rendah lemak. Sebagian besar kalori yang dimiliki oleh rambutan berasal dari karbohidrat. Institute of Medicine merekomendasikan 130 gram rambutan untuk konsumsi harian Anda.


Setiap 100 gram rambutan mengandung sekitar 40 persen dari asupan harian vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, daging rambutan juga mengandung sekitar 1 persen niacin atau biasa dikenal sebagai vitamin B3.

Mineral

Rambutan sangat kaya akan zat besi, yang dibutuhkan untuk mengontrol kadar oksigen dalam tubuh. Zat besi membantu mencegah kelelahan dan pusing yang disebabkan oleh anemia. Selain itu, daging rambutan juga memenuhi 4,3 persen kebutuhan fosfor harian tubuh. Fosfor membantu menyaring limbah di ginjal, serta diperlukan untuk pertumbuhan, pemeliharaan, dan perbaikan semua jaringan dan sel.

Obat herbal

Selain manfaat gizi, rambutan juga memiliki kegunaan herbal, seperti membunuh parasit usus dan mengurangi gejala diare. Bahkan, sebagian orang juga menggunakannya sebagai obat demam.

Selain rasanya yang manis dan buah asli Indonesia, rambutan punya banyak manfaat yang baik untuk kesehatan
Tag : Dapur Sehat
0 Komentar untuk "Kandungan dan Manfaat Buah Rambutan"

Back To Top