Bakso Tercipta Karena Cinta Ibu

Musim hujan seperti sekarang ini, tentunya kita cenderung menyantap makanan yang hangat bahkan panas. Dan, bakso salah satu jenis makanan yang paling banyak dicari. Rasanya yang enak dan disajikan dalam kondisi panas membuat bakso digemari dan populer di Indonesia. Tapi tahukah anda sejarah pertama kali bakso dibuat?


Dalam The Epoch Time Edisi 175 dipaparkan bahwa bakso terkait erat dengan kisah pengabdian seorang anak asal Fushou, China bernama Meng Bo. Bo hidup pada akhir Dinasti Ming awal abad ke-17. Bo memiliki kepribadian baik dan berbakti kepada orang tuanya. Bakti Bo pada ibunya begitu dikagumi para tetangga. Suatu hari, ibunya yang sudah tua sudah tak mampu lagi menyantap daging. Maklum gigi sang ibu mulai ompong, jika pun masih ada tak bisa lagi digunakan untuk mengunyah makanan keras sejenis daging. Padahal sang ibu sangat suka menyantap daging.

Mendapati kenyataan itu Bo memutar otaknya demi sang ibu agar tetap bisa makan daging. Sepanjang malam Bo memikirkan cara mengolah daging untuk ibunya. Suatu hari, ia melihat tetangganya menumbuk beras ketan untuk dijadikan kue mochi. Hal itu membuat Bo mendapat ide. Ia langsung ke dapur dan mengolah daging dengan cara yang digunakan tetangganya dalam membuat kue mochi. Setelah daging empuk, Bo membentuknya menjadi bulatan-bulatan kecil. Kemudian ia merebus adonan itu, tercium aroma daging yang lezat.

Lalu dia menyajikan olahan daging itu kepada ibunya. Tentu saja sang ibu gembira karena tidak hanya lezat rasanya, tapi juga mudah dimakan. Meng Bo sangat senang melihat ibunya dapat makan daging lagi. Keberhasilan Bo mengolah daging untuk ibunya itu cepat menyebar ke seluruh kota Fuzhou. Kini resep bikinan Bo ini juga menyebar bukan hanya di China, tetapi sampai juga Indonesia. Ada pun nama bakso berasal dari kata Bak- So yang dalam Bahasa Hokkien secara harfiah berarti ''daging giling''. 
Tag : Ragam
0 Komentar untuk "Bakso Tercipta Karena Cinta Ibu"

Back To Top