Tak Perlu Takut Pemeriksaan Laboratorium, Ini Alasan dan Manfaatnya

manfaat-pemeriksaan-laboratorium
Pernahkah anda periksa ke dokter dan setelah itu mendapat surat pengantar pemeriksaan laboratorium? tentunya anda akan bertanya-tanya bahkan sedikit kesal, kok masih ada pemeriksaan laboratorium segala.

Tentu ada alasannya dokter memberikan tambahan pemeriksaan laboratorium. Para dokter memilih dan mengevaluasi uji-uji laboratorium dalam perawatan pasien sekurang-kurangnya satu dari alasan-alasan berikut ini:
1. Untuk menunjang diagnosis klinis
2. Untuk menyingkirkan kemungkinan suatu diagnosis atau penyakit
3. Untuk digunakan sebagai pedoman terapi atau manajemen
4. Untuk digunakan sebagai panduan prognosis
5. Untuk mendeteksi suatu penyakit (uji saring)

Dalam diagnosis penyakit kadang-kadang tidaklah mudah, terutama pada permulaan penyakit, gejala klinis penyebabnya masih berupa kemungkinan, meski dokter biasanya dapat menetapkan kemungkinan yang paling tinggi. Karena itu, pada tahap permulaan dokter tidak selalu dapat menentukan diagnosis penyakit. Diperlukan data-data tambahan dari pemeriksaan laboratorium dan pemeriksaan penunjang lain.

Dari lima hal di atas dapat disimpulkan bahwa pemeriksaan laboratorium memiliki fungsi dan manfaat sebagai berikut: 
  1. Skrining atau uji saring adanya penyakit subklinis, dengan tujuan menentukan resiko terhadap suatu penyakit dan mendeteksi dini penyakit terutama bagi individu beresiko tinggi (walaupun tidak ada gejala atau keluhan).
  2. Konfirmasi pasti diagnosis, yaitu untuk memastikan penyakit yang diderita seseorang, berkaitan dengan penanganan yang akan diberikan dokter serta berkaitan erat dengan komplikasi yang mungkin saja dapat terjadi
  3. Menemukan kemungkinan diagnostik yang dapat menyamarkan gejala klinis
  4. Membantu pemantauan pengobatan
  5. Menyediakan informasi prognosis atau perjalanan penyakit, yaitu untuk memprediksi perjalanan penyakit dan berkaitan dengan terapi dan pengelolaan pasien selanjutnya
  6. Memantau perkembangan penyakit, yaitu untuk memantau perkembangan penyakit dan memantau efektivitas terapi yang dilakukan agar dapat meminimalkan komplikasi yang dapat terjadi. Pemantauan ini sebaiknya dilakukan secara berkala.
  7. Mengetahui ada tidaknya kelainan atau penyakit yang banyak dijumpai dan potensial membahayakan
  8. Memberi ketenangan baik pada pasien maupun klinisi karena tidak didapati penyakit.
Menyimak alasan dan manfaatnya diatas, tentunya anda tidak perlu khawatir lagi mengenai pemeriksaan laboratorium. Selalu jaga kesehatan anda.

Update :
Cek Kesehatan Wajib untuk Para Ibu
8 Pemeriksaan Laboratorium yang Penting Selama Kehamilan
Tips Cek Kesehatan Agar Optimal
0 Komentar untuk "Tak Perlu Takut Pemeriksaan Laboratorium, Ini Alasan dan Manfaatnya"

Back To Top