Penyakit Berbahaya yang Paling Sering Diderita Wanita

penyakit-berbahaya-paling-sering-diderita-wanitaBerbagai penyakit bisa menyerang siapa saja, tidak memandang pria atau wanita. Namun, ada beberapa penyakit yang lebih sering atau lebih banyak diderita wanita di banding pria.

Perubahan gaya hidup sering disebut-sebut sebagai penyebab makin melemahnya daya tahan tubuh wanita masa kini. Mengkonsumsi makanan sembarangan, istirahat tak cukup serta gaya sibuk lain yang tak sehat membuat waktu wanita tersita untuk memperhatikan kesehatannya.Maka tak heran, banyak masalah kesehatan serius yang diderita kaum hawa.
Berikut beberapa penyakit berbahaya yang paling sering diderita wanita dibanding pria, seperti dikutip dari Mayo Clinic

1. Penyakit jantung
Meski sering dianggap sebagai masalah bagi laki-laki, tapi lebih banyak wanita yang meninggal karena penyakit jantung setiap tahunnya..

Wanita lebih mungkin dibanding pria memiliki gejala serangan jantung yang tidak berhubungan dengan nyeri dada. Seperti sesak napas, mual atau muntah, berkeringat, pusing, kelelahan tidak biasa, serta ketidaknyamanan pada leher, bahu, punggung atas, dan perut.

Faktor yang memainkan peran dalam perkembangan penyakit jantung pada wanita adalah sindrom metabolik. Kombinasi dari lemak di sekitar perut, tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, triglycerides tinggi merupakan dampak terbesar pada wanita dibanding pria.

Rendahnya tingkat estrogen setelah menopause juga menimbulkan faktor risiko signifikan untuk mengembangkan penyakit kardiovaskular pada pembuluh darah kecil (penyakit jantung karena pembuluh menyempit).

2. Kanker payudara
Kanker payudara merupakan salah satu penyebab kematian bagi wanita. Penemuan mutasi gen yang diwariskan pada beberapa perempuan meningkatkan risiko berkembangnya kanker payudara.

3. Kanker ovarium
Kanker ovarium sangat sulit dideteksi pada tahap awal sehingga sering dianggap silent killer. Meski bisa terjadi di semua usia, tapi risiko seorang wanita secara bertahap meningkat mengikuti usia. Dan jika ada riwayat kanker ovarium di keluarganya.

4. Kanker paru-paru
Kanker paru-paru adalah penyebab utama kematian wanita dari penyakit kanker. Penghentian merokok sangat penting untuk meminimalkan kerusakan yang disebabkan oleh rokok serta mengoptimalkan kesehatan jangka panjang.

5. Osteoporosis
Osteoporosis adalah kondisi di mana kepadatan tulang menurun yang terjadi pada pria dan wanita. Tapi, beberapa studi melaporkan sebanyak satu dari setiap dua wanita berusia di atas 50 tahun mengalami patah tulang terkait osteoporosis dalam hidupnya. 
Pada usia 65 tahun, beberapa wanita telah kehilangan setengah dari massa tulangnya. Dan diharapkan bagi para wanita agar lebih memerhatikan kesehatan serta segera periksakan jika memiliki keluhan pada tubuh. Itu untuk meminimalisir kerusakan yang terjadi pada tubuh.

6. Infeksi saluran kemih dan infeksi ginjal
Menurut MedicineNet, kondisi yang lebih sering mengganggu wanita dibanding pria adalah infeksi saluran kemih dan infeksi ginjal. Penyakit ginjal merupakan penyebab utama hipertensi. Dan setelah usia 50, hipertensi lebih sering terjadi pada wanita dibanding pria.

7. Sindrom sulit hamil
Jika Anda seorang wanita muda yang menderita menstruasi yang tidak teratur, maka Anda berada di bawah ancaman Polycystic Ovary Syndrome (PCOS).
Gaya hidup tidak sehat membuat gangguan ini menjadi epidemi. Statistik mengatakan, bahwa hampir satu dari setiap tiga wanita mengalami PCOS saat ini dan yang harus Anda lakukan untuk menghindarinya adalah makan sehat dan mengelola berat badan Anda.

Sumber : health.liputan6.com,
0 Komentar untuk "Penyakit Berbahaya yang Paling Sering Diderita Wanita"

Back To Top