Cek Kesehatan Wajib untuk Para Ibu

cek-kesehatan-wajib-untuk-ibu
Seorang ibu selalu mendahulukan kepentingan anak-anak dan keluarganya daripada kebutuhannya sendiri. Begitu juga dalam masalah kesehatan, para  ibu selalu berupaya menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga, tapi kadang lupa bahwa ia juga wajib bugar dan sehat.

Lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin karena penyakit bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Karena itu meski Anda sudah merasa telah melakukan gaya hidup sehat, agendakan check up kesehatan secara rutin, misalnya saat ulang tahun atau Hari Ibu agar selalu ingat.

Sebelum terlambat, lakukan deteksi dini dengan cek kesehatan rutin. ada beberapa pemeriksaan kesehatan yang wajib dilakukan para wanita, yaitu :

1. Pap Smear
Deteksi dini kanker leher rahim (serviks) dengan rutin melakukan pemeriksaan pap smear. Tes ini bertujuan untuk melihat ada tidaknya sel-sel abnormal pra kanker atau infeksi di leher rahim. Jika dideteksi sedini mungkin, peluang kesembuhan kanker serviks sangat besar. Karena itu lakukan tes pap smear setahun sekali.
2. Mamografi (Pemeriksaan Payudara)
Pada wanita berusia 20-39 tahun, dokter akan menyarankan pemeriksaan payudara melalui ultrasonografi (USG). Lewat pemeriksaan ini akan diketahui ada tidaknya benjolan padat atau kista pada payudara. Sementara itu pemeriksaan mamografi disarankan untuk mereka yang sudah berusia 40 tahun.

3. Pemeriksaan Jantung
Berbedanya gejala penyakit jantung pada wanita dan pria membuat wanita kurang menyadari bahwa ada masalah pada kesehatan jantung mereka. Selain itu stres pada perkawinan rupanya juga menjadi pemicu tingginya angka penderita penyakit jantung pada wanita. Lakukan pemeriksaan jantung denga EKG atau elektrokardiografi secara berkala sehingga dapat diketahui  gejala dini kelainan pada jantung.
4. Cek kepadatan tulang
Seiring dengan bertambahnya usia, kepadatan tulang akan mulai menurun. Terlebih jika Anda termasuk orang yang kurang memenuhi kebutuhan tubuh akan kalsium. Wanita yang sudah melahirkan dan menyusui juga lebih rentang mengalami penurunan kepadatan tulang. Karena itu lakukan pemeriksaan ini untuk mencegah terjadinya osteoporosis yang dapat membuat tulang rentan patah.

5. Kesehatan mental
Kaum wanita lebih rentan mengalami depresi dan kecemasan. Selain faktor hormonal, beban ganda yang ditanggung para ibu juga membuatnya memiliki beban stres lebih besar. Jika Anda merasa sering mengalami rasa murung, sedih, marah, dan menarik diri, segera konsultasikan dengan dokter karena itu bisa jadi merupakan gejala depresi. 
Tanda-tanda lain adanya gangguan pada kesehatan jiwa antara lain menurunnya selera makan, pola tidur terganggu, gangguan seksual, hingga psikosomatis (penyakit fisik seperti nyeri lambung, gatal-gatal, yang disebabkan karena stres.

Jaga selalu kesehatan anda dan keluarga, semoga artikel mengenai cek kesehatan wajib untuk para ibu bermanfaat bagi Anda. Selamat Hari Ibu!


1 Komentar untuk " Cek Kesehatan Wajib untuk Para Ibu"

Jadi ingin pulang nengok ibu. Semoga ibuku selalu sehat

Back To Top