Sejarah Hari Diabetes Melitus Sedunia

sejarah-hari-diabetes-melitus-sedunia
Pada tahun 1552 sebelum masehi, di Mesir dikenal penyakit yang ditandai dengan sering kencing dan dalam jumlah yang banyak (yang disebut : Poliurial), dan penurunan berat badan yang cepat tanpa disertai rasa nyeri.

Kemudian pada tahun 400 sebelum masehi, penulis India sushratha menamakan penyakit tersebut : penyakit kencing madu (honey urine disease).Akhirnya, Aretaeus pada tahun 200 sebelum masehi adalah orang yang pertama kali memberi nama : Diabetes, berarti “mengalir terus”, dan Mellitus berarti “manis”. Disebut Diabetes, karena selalu minum dan dalam jumlah banyak (Polidipsia), yang kemudian “mengalir” terus berupa air seni (urine); disebut Mellitus karena air seni penderita ini mengandung gula (manis).

Penemuan peran pankreas pada diabetes umumnya dianggap berasal dari Joseph von Mering dan Oskar Minkowski, yang pada tahun 1889 menemukan bahwa anjing yang pankreasnya telah dihapus dikembangkan semua tanda-tanda dan gejala diabetes dan meninggal tak lama sesudahnya.

Pada tahun 1910, Sir Edward Albert Sharpey-Schafer menyarankan bahwa orang dengan diabetes, kekurangan kimia tunggal yang biasanya diproduksi oleh pankreas-ia mengusulkan menamakan ini substansi''''insulin, dari bahasa Latin insula'''', yang berarti pulau , mengacu pada memproduksi insulin pulau Langerhans di pankreas.

Peran endokrin dari pankreas dalam metabolisme, dan adanya insulin, tidak lebih diperjelas sampai 1921, ketika Sir Frederick Banting dan Charles Hibah Herbert mengulangi pekerjaan Von Mering dan Minkowski.

Banting, Best, dan rekan (khususnya kimia Collip) pergi ke tempat pemurniaan hormon insulin dari pankreas sapi di University of Toronto. Hal ini menyebabkan ketersediaan pengobatan yang efektif dengan suntikan insulin dan pasien pertama dirawat pada tahun 1922. Untuk ini, Banting dan direktur laboratorium MacLeod menerima Hadiah Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran pada tahun 1923.

Produksi insulin dan terapi cepat menyebar ke seluruh dunia, itulah sebabnya Banting dihormati dengan cara menjadikan Hari Diabetes Dunia diselenggarakan tepat pada hari ulang tahunnya,,14 November.

Perbedaan antara diabetes tipe 1 dan tipe 2 dibuat oleh Sir Harold Percival (Harry) Himsworth, dan diterbitkan pada Januari 1936.

Pada tahun 1980, perusahaan bioteknologi Genentech US mengembangkan insulin manusia. Insulin diisolasi dari bakteri diubah secara genetik (bakteri mengandung gen manusia untuk mensintesis insulin manusia), yang menghasilkan sejumlah besar insulin. Para ilmuwan kemudian memurnikan insulin dan mendistribusikannya ke apotik untuk digunakan oleh pasien diabetes.
0 Komentar untuk "Sejarah Hari Diabetes Melitus Sedunia"

Back To Top